5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya

5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Contoh Soal Dan Jawaban, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya
link : 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya

Baca juga


5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya

5 Soal dan tanggapan perihal peninggalan insan purba dan kebudayaannya akan dibahas dengan lengkap pada pola soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada pola soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang mencakup hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut dan jenis-jenis kubur kerikil pada masa bercocok tanam tingkat lanjut.

Sehingga dengan demikian, banyak sekali pola soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini sanggup membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci tanggapan soal bahan pelajaran sejarah perihal peninggalan insan purba dan kebudayaannya menyerupai yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan tanggapan bahan pelajaran sejarah mengenai peninggalan insan purba dan kebudayaannya

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal bahan sejarah perihal hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi insan purba, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan insan purba dan jenis-jenis kubur kerikil pada masa bercocok tanam tingkat lanjut lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya yakni menyerupai berikut ini.

 Soal dan tanggapan perihal peninggalan insan purba dan kebudayaannya 5 Soal Dan Jawaban Tentang Peninggalan Manusia Purba Dan Kebudayaannya
Soal Dan Jawaban Tentang Peninggalan Manusia Purba Dan Kebudayaannya

1. Sebutkan dan jelaskan hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan masakan !
Jawabannya yakni hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan masakan diantarannya yakni menyerupai berikut ini :

a. Kapak perimbas
Kapak perimbas ditemukan di wilayah Pakistan, China, Thailand, Myanmar, Malaysia, Filipina dan Vietnam yang diduga merupakan hasil kebudayaan dari pithecanthropus erectus dengan ciri-ciri tidak mempunyai tangkai dan dipakai dengan cara digenggam.

b. Kapak penetak
Kapak penetak ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia, fungsinya yakni untuk membelah kayu, pohon, jambu dan lainnya yang mana ciri bentuknya hampir sama dengan jenis kapak perimbas, akan tetapi lebih kecil dan juga masih kasar.

c. Kapak genggam
Kapak genggam ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia, kapak ini berbentuk hampir sama dengan jenis kapak perimbas dan penetak, akan tetapi ukurannya lebih kecil, belum diasah dan juga masih sederhana, digenggam dan pada ujungnya lebih ramping.

d. Pahat genggam
Pahat genggam ukuran bentuknya lebih kecil dari pada jenis kapak genggam, pahat ini berfungsi untuk menggembuskan tanah dan juga mencari ubi-ubian untuk dikonsumsi.

e. Alat serpih (flake)
Alat serpih atau flake banyak ditemukan di goa-goa yang sudah pernah ditempati oleh insan purba, jenis alat ini berbentuk sangat sederhana yang mempunyai ukuran antara 10 sampai 20 cm. Alat serpih atau flake ini diduga dipakai sebagai pisau, gurdi serta untuk mengupas, memotong dan menggali tanah.

f. Alat-alat dari tulang
Alat-alat dari tulang ini banyak ditemukan di Ngandong yang merupakan tulang-belulang dari binatang buruan insan purba yang sanggup berfungsi sebagai pisau, belati dan lainnya.

2. Bagaimana corak kehidupan sosial-ekonomi insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut ?
Jawabannya yakni bagaimana corak kehidupan sosial-ekonomi insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut diantarannya yakni menyerupai berikut ini :

Masa ini disebut dengan masa perundagian, kata perundagian berasal dari kata undagi yang berarti yakni terampil. Mengapa dikatakan terampil, hal tersebut dikarenakan pada masa ini awal munculnya golongan undagi (golongan yang terampil) dalam melaksanakan suatu jenis perjuangan tertentu yang diantaranya yakni menyerupai :

a. Membuat alat-alat dari logam.
b. Membuat rumah kayu.
c. Membuat gerabah.
d. Membuat perhiasan.

Dalam artian secara khusus, golongan undagi atau golongan terampil ini mengacu kepada orang-orang yang sudah tergolong andal didalam menciptakan alat-alat yang berasal dari logam.

Ciri kehidupan ekonomi
Ciri-ciri kehidupan ekonomi pada masa ini yakni antara lain sebagai berikut :
a. Cara memperoleh masakan masih bersifat food gathering (mengumpulkan makanan).
b. Kehidupan berburu dan juga meramu seiring dengan kemajuan dalam pembuatan alat berburu.

Ciri kehidupan sosial
Adapun ciri kehidupan sosial pada masa ini yakni antara lain insan pada masa ini sudah mulai hidup secara semi sedentar dengan tinggal (menetap) digua-gua alam.

3. Pada masa bercocok tanam, tiba bangsa melayu Austronesia ke Nusantara melalui 2 jalur. Jelaskan 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia tersebut !
Jawabannya yakni dua jalur migrasi bangsa melayu Austronesia dikala tiba menuju Nusantara yakni diantaranya sebagai berikut :

a. Jalur utara dan timur
- Jalur ini melalui teluk tonkin menuju kearah Taiwan (formusa), Filipina, Sulawesi dan juga Maluku serta membawa kebudayaan kapak lonjong.
- Penyebaran periode Proto Melayu ini juga membawa kebudayaan kerikil gres atau neolithikum.

b. Jalur barat dan selatan
- Jalur ini melalui semenanjung Malaka, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara serta membawa kebudayaan kapak persegi.
- Penyebaran periode Deutro Melayu ini juga membawa kebudayaan logam.

4. Jelaskan bentuk kepercayaan insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut !
Jawabannya yakni bentuk kepercayaan insan purba pada masa berburu dan mengumpulkan masakan tingkat lanjut yakni diantaranya sebagai berikut :

a. Roh nenek moyang
Kepercayaan terhadap roh nenek moyang awalnya di perkirakan ada pada dikala dimana masyarakat zaman Pra-aksara masih mengandalkan dan mengutamakan kehidupan berburu, mengumpulkan serta meramu makanan.

b. Animisme
Animisme yakni suatu tahap kelanjutan dari kepercayaan pada roh nenek moyang.
c. Dinamisme
Dinamisme yakni suatu kepercayaan bahwa segala sesuatunya mempunyai kekuatan (tenaga) yang sanggup menghipnotis keberhasilan maupun kegagalan perjuangan insan didalam mempertahankan dan menjalani kehidupan.

d. Totemisme
Totemisme yakni suatu kepercayaan bahwa binatang tertentu dianggap suci.
e. Monomisme
Monomisme yakni suatu kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan menjadi tingkat tamat didalam evolusi dari kepercayaan manusia.

5. Jelaskan jenis-jenis kubur kerikil pada masa bercocok tanam tingkat lanjut !
Jawabannya yakni jenis-jenis kubur kerikil pada masa bercocok tanam tingkat lanjut yakni diantaranya sebagai berikut :

a. Menhir
Menhir yakni sebuah tugu atau kerikil yang tegak yang memang secara sengaja ditempatkan pada suatu daerah guna memperingati orang yang sudah tidak ada di dunia.

b. Punden berundak
Punden berundak yakni sebuah bangunan yang tersusun secara bertingkat-tingkat, hal tersebut dimaksudkan guna melaksanakan pemujaan pada roh nenek moyang.

c. Kubur batu
Kubur kerikil yakni sebuah kubur atau makam yang bentuknya menyerupai dengan bangunan kuburan menyerupai yang sering dilihat dikala ini, yang pada umumnya tersusun oleh kerikil yang terdiri dari dua sisi panjang dan dua sisi lebar.

d. Sarkofagus
Sarkofagus yakni sebuah kubur atau makam yang sejenis dengan kubur batu, namun mempunyai epilog diatasnya, adapun ukuran besar antar daerah dan epilog yakni sama.

e. Dolmen
Dolmen yakni sebuah bangunan megalitsik yang mempunyai banyak sekali bentuk dan fungsi, salah satunya yakni sebagai pelinggih roh atau daerah sesaji pada dikala upacara berlangsung.

f. Area batu
Area kerikil banyak ditemukan diberbagai wilayah dan daerah di Indonesia yang diantaranya yakni menyerupai pasemah, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah.

g. Waruga
Waruga yakni sebuah kubur kerikil yang tidak mempunyai epilog dan banyak ditemukan pada situs Gilimanuk, Bali.


Demikian contoh soal dan tanggapan perihal hasil-hasil budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, corak kehidupan sosial-ekonomi insan purba, 2 jalur migrasi bangsa melayu Austronesia, bentuk kepercayaan insan purba dan jenis-jenis kubur kerikil pada masa bercocok tanam tingkat lanjut. Semoga sanggup menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci tanggapan soal bahan pelajaran sejarah perihal peninggalan insan purba dan kebudayaannya.


Demikianlah Artikel 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya

Sekianlah artikel 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Soal Dan Balasan Wacana Peninggalan Insan Purba Dan Kebudayaannya dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/5-soal-dan-balasan-wacana-peninggalan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel