#2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar

#2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Psikologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar
link : #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar

Baca juga


#2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar

#2 faktor yang mensugesti prestasi berguru berdasarkan para andal atau pakar yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pembahasan mengenai apa saja hal yang menjadi faktor yang sangat mensugesti tingkat prestasi belajar didalam berguru pendidikan psikologi yakni antara lain :

1. Faktor yang mensugesti prestasi berguru berdasarkan Sumadi Suryabrata.
2. Faktor yang mensugesti prestasi berguru berdasarkan Nana Syaodih Sukmadinata.

Salah satu faktor yang kuat besar terhadap prestasi berguru seseorang yaitu terletak pada konsep diri. Adapun kata konsep diri merupakan berasal dari bahasa Inggris yakni self concept yang mempunyai arti suatu konsep perihal individu itu sendiri yang mana meliputi perihal :
 faktor yang mensugesti prestasi berguru berdasarkan para andal atau pakar #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar
1. Bagaimana orang memandang,
2. Bagaimana orang memikirkan serta,
3. Bagaimana orang menilai dirinya.

Sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan individu tersebut telah sesuai dengan konsep diri yang terdapat pada dirinya.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Oleh alasannya itu, konsep diri lalu dianggap sebagai suatu kunci yang mengatur dan juga mengarahkan tingkah dan sikap manusia, yang dengan kata lain bahwa, sikap individu akan sesuai dengan cara individu memandang dirinya sendiri.

Didalam prestasi belajar, berdasarkan Sumadi Suryabrata (2002: 233) pada teori dan konsepnya yang mengklasifikasikan mengenai #2 faktor yang mensugesti prestasi berguru adalah antara lain sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Faktor yang berasal dari luar diri (eksternal) yaitu yang terdiri dari :
a. Faktor non sosial
Faktor non sosial menyerupai udara, suhu, cuaca, waktu, tempat, alat-alat yang digunakan untuk belajar.
b. Faktor sosial
Faktor sosial menyerupai faktor manusia.

2. Faktor yang berasal dari dalam diri (internal) yaitu yang terdiri dari :
a. Faktor fisiologis
Faktor fisiologis menyerupai jasmani, keadaan fungsi fisiologis.
b. Faktor psikologis
Faktor psikologis menyerupai perhatian, pengamatan, jawaban fantasi, ingatan, berfikir dan motif.
Baca juga : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Adapun pendapat lain perihal faktor prestasi berguru berdasarkan Nana Syaodih Sukmadinata (2003: 162) yang menyatakan dan mengklasifikasikan pada teori dan konsepnya mengenai faktor-faktor yang mensugesti prestasi berguru yaitu antara lain sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Faktor-faktor dalam diri individu
a. Aspek jasmaniah
Aspek jasmaniah yang meliputi kondisi dan kesehatan jasmani.
b. Aspek rohaniah
Aspek rohaniah yang menyangkut kondisi kesehatan psikis, kemampuan intelektual, sosial, psikomotorik serta kondisi afektif dan kognitif dari individu.
c. Kondisi intelektual
Kondisi intelektual yang menyangkut tingkat kecerdasan, bakat-bakat baik talenta sekolah maupun talenta pekerjaan.
d. Kondisi sosial
Kondisi sosial yang menyangkut korelasi siswa dengan orang lain, baik guru, teman, orang tuanya maupun orang-orang lainnya.
Baca juga : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Pakar / Ahli
2. Faktor-faktor lingkungan
a. Keluarga
Keluarga yang meliputi keadaan rumah dan ruang daerah belajar, sarana dan prasarana berguru yang ada.
b. Sekolah
Sekolah yang meliputi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana berguru yang ada, sumber-sumber berguru dan media belajar.
c. Masyarakat
Masyarakat yang dimana warganya mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup, terdapat lembaga-lembaga pendidikan dan sumber-sumber berguru didalamnya akan memperlihatkan dampak yang positif terhadap semangat dan perkembangan berguru generasi muda.
Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dan Hasil Belajar Menurut Ahli
Demikian pembahasan mengenai #2 faktor yang mensugesti prestasi berguru berdasarkan para andal atau pakar.

Daftar pustaka

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.


Demikianlah Artikel #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar

Sekianlah artikel #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel #2 Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/2-faktor-mempengaruhi-prestasi-belajar.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel