Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah

Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah
link : Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah

Baca juga


Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah

Pengertian sejarah dan 6 bentuk peninggalan sejarah yaitu pokok pembahasan materi pelajaran sejarah yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pembahasan mengenai definisi sejarah dan macam-macam bentuk peninggalan sejarah di Indonesia didalam mencar ilmu pendidikan sejarah yakni antara lain :

1. Definisi sejarah.
2. Sumber sejarah.
3. Bentuk-bentuk peninggalan sejarah.

Pengertian sejarah

Sejarah adalah suatu bencana yang benar-benar telah terjadi pada masa kemudian atau masa lampau yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Seluruh kejadian-kejadian pada masa kemudian sanggup diketahui menurut dari aneka macam macam sumber-sumber sejarah.

Baca juga : Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

 yaitu pokok pembahasan materi pelajaran sejarah yang akan dijelaskan dengan lengkap dan  Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah

Sumber sejarah

Dibawah ini terdapat 3 jenis sumber sejarah yang sanggup dipakai untuk mengetahui bencana yang terjadi pada masa lampau yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Sumber lisan
Sumber verbal yaitu suatu jenis sumber sejarah yang didapat menurut dari dongeng verbal (cerita yang diungkapkan) oleh para pelaku bencana bersejarah.
2. Sumber tertulis
Sumber tertulis yaitu suatu jenis sumber sejarah yang didapat menurut dari dokumen-dokumen, buku-buku, kitab-kitab, naskah kuno dan bukti goresan pena lain.
3. Sumber benda
Sumber benda yaitu suatu jenis sumber sejarah yang didapat menurut dari benda-benda peninggalan sejarah, misalnya yaitu ibarat candi, prasasti, arca dan lain sebagainya.

#6 bentuk peninggalan sejarah

Terdapat enam bentuk peninggalan sejarah yakni berupa prasasti, candi, arca atau patung, karya sastra, benteng dan tugu atau monumen, klarifikasi lengkapnya sebagai berikut :

1. Prasasti
Prasasti adalah bentuk peninggalan sejarah pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia yang berupa goresan pena pada watu yang bernilai sejarah. Contoh prasasti yaitu ibarat prasasti Ciaruteun dari Kerajaan Tarumanegara dan prasasti Kedukan Bukit dari Kerajaan Sriwijaya.
Baca juga : Sejarah Kerajaan Sriwijaya
2. Candi
Candi adalah bentuk peninggalan sejarah yang berupa bangunan kuno yang dibentuk dari watu sebagai kawasan pemujaan serta sebagai kawasan penyimpanan bubuk mayat raja atau tokoh hindu dan budha pada zaman dahulu. Contoh candi yaitu ibarat Candi Prambanan dan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

3. Arca atau patung
Arca adalah bentuk peninggalan sejarah yang berupa patung (ada yang terbuat dari materi dasar watu dan juga ada yang terbuat dari materi dasar perunggu. Contoh arca atau patung yaitu ibarat Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan, Arca Airlangga di Candi Belahan dan Arca Tribhuwana di Candi Arimbi.

4. Karya sastra
Karya sastra adalah bentuk peninggalan sejarah yang berupa hasil karya sastra yang ditulis oleh para pujangga atau para sastrawan pada masa kemudian atau masa lampau. Contoh karya sastra yaitu ibarat Kitab Sutasoma dikarang oleh Mpu Tantular dan Kitab Negarakertagama dikarang oleh Mpu Prapanca.

5. Benteng
Benteng adalah bentuk peninggalan sejarah yang berupa bangunan yang sengaja dibentuk untuk keamanan dan pertahanan pada dikala waktu perang. Contoh benteng yaitu ibarat Benteng Fort de Kock di Sumatra Barat, Benteng Jagaraga di Bali, Benteng Duurstede di Saparua, Maluku dan Benteng Somba Opu di Sulawesi Selatan.

6. Tugu atau monumen
Tugu atau monumen adalah bentuk peninggalan sejarah yang berupa bangunan yang sengaja didirikan untuk memperingati suatu bencana atau suatu kejadian. Contoh tugu atau monumen yaitu ibarat Tugu Pahlawan di Surabaya, Tugu Proklamator di Jakarta, Monumen Yogya Kembali, Monumen Nasional (Monas) dan Monumen Pancasila Sakti.

Baca juga : Bentuk Peninggalan Bercorak Buddha

Demikian pembahasan mengenai pengertian sejarah dan 6 bentuk peninggalan sejarah.


Demikianlah Artikel Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah

Sekianlah artikel Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Sejarah Dan #6 Bentuk Peninggalan Sejarah dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/pengertian-sejarah-dan-6-bentuk.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel