Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
link : Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Baca juga


Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai arti komputer, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi komputer.
2. Definisi perangkat keras.
3. Bagian-bagian perangkat keras.
4. Contoh perangkat keras.
5. Definisi perangkat lunak.
6. Contoh-contoh perangkat lunak.

Pengertian komputer

Komputer berasal dari kata “to compute” yang artinya yaitu berhitung. Pada sebuah komputer, seluruh informasi diolah kedalam bilangan biner (duan), atau yang disebut juga dengan bit-bit. Bit-bit tersebut terbentuk dalam sinyal-sinyal listrik yang dikirim, disimpan dan kemudian disusun yang secara kebijaksanaan kedalam sirkuit pengolah data.
 yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran  Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
Komputer, Perangkat Keras Dan Lunak
Adapun fungsi dari komputer berprinsip dan menurut oleh sebuah teori yakni “prinsip-prinsip mesin van neuman”, dimana membangkitkan intruksi-intruksi yang tersimpan didalam memori (penyimpanan). Kemudian intruksi tersebut dianalisa yang selanjutnya dicari penyelesaiannya dan apabila terdapat suatu problem maka akan muncul rangkaian pengontrolan dan kemudian komputer menawarkan tanda kerusakan atau problem pada layar monitor.

Pengertian perangkat keras

Perangkat keras atau hardware yaitu sekumpulan sirkuit eletronik yang terpadu. Sirkuit eletronik tersebut mempunyai suatu kebijaksanaan menurut Aljabar Boolen dengan beberapa fungsi yang diciptakan yaitu antara lain menyerupai berikut :

1. Fungsi AND (dan).
2. Fungsi OR (atau).
3. Fungsi NON (pembalik).

Bagian-bagian perangkat keras

Dibawah ini merupakan beberapa bab perangkat keras yang ada pada komputer diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Processor.
2. Memory (unit penyimpanan).
3. Input (unit masukan).
4. Output (media pengeluaran).
5. Unit komunikasi data.

Contoh-contoh perangkat keras

Dibawah ini terdapat beberapa teladan perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer yaitu antara lain menyerupai berikut :
1. Layar monitor.
2. Modem.
3. Mouse.
4. Keyboard.
5. Hardisk.
6. RAM.
7. Speakers.

Pengertian perangkat lunak

Perangkat lunak atau software yaitu sekumpulan agenda yang berfungsi untuk mengoperasikan suatu komputer, yang mana perangkat lunak sanggup dilihat pada menu-menu yang ada didalam komputer dalam bentuk aplikasi. Perangkat lunak inilah yang selalu banyak dipakai seseorang untuk sanggup mengoperasikan sebuah komputer.

Contoh-contoh perangkat lunak

Dibawah ini terdapat beberapa teladan perangkat lunak (software) yang ada pada komputer yaitu antara lain menyerupai berikut :
1. Microsoft Office.
2. Notepad.
3. Bluetooth.
4. Calculator.
5. Adobe Photoshop.
6. Corel Draw.
7. Paint.

Baca juga : Macam-Macam Komputer

Demikian pembahasan mengenai pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak, supaya bermanfaat dan sanggup menjadi rujukan informasi didalam mengetahui definisi komputer, perangkat keras dan perangkat lunak serta perbedaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).


Demikianlah Artikel Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Sekianlah artikel Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/pengertian-komputer-perangkat-keras-dan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel