5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia

5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Contoh Soal Dan Jawaban, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia
link : 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia

Baca juga


5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia

5 Soal dan balasan perihal kerajaan-kerajaan di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada teladan soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada teladan soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang mencakup letak geografis kerajaan kutai, prasasti-prasasti yang mengambarkan perihal kerajaan Tarumanegara, penyebab kerajaan majapahit runtuh, bagaimana kondisi sosial politik dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran dan apa yang dimaksud dengan yupa.

Sehingga dengan demikian, aneka macam teladan soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini sanggup membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci balasan soal materi pelajaran sejarah perihal kerajaan-kerajaan Nusantara menyerupai yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan balasan materi pelajaran sejarah mengenai kerajaan-kerajaan di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal materi sejarah perihal letak geografis dari kerajaan kutai, apa saja prasasti yang menjelaskan perihal kerajaan Tarumanegara, apa yang menjadi faktor penyebab kerajaan majapahit runtuh, kondisi sosial politik kerajaan Padjajaran dan apa itu yupa lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya yaitu menyerupai berikut ini.

 akan dibahas dengan lengkap pada teladan soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah in 5 Soal Dan Jawaban Tentang Kerajaan Di Indonesia
5 Soal Dan Jawaban Tentang Kerajaan Di Indonesia

1. Jelaskan letak geografis kerajaan kutai !
Jawabannya yaitu letak geografis kerajaan kutai yaitu terletak di provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kecamatan Muara Kaman, letaknya berada ditepi Sungai Mahakam erat dengan kota/kabupaten Kutai Kartanegara (Tenggarong), dimana letak tersebut merupakan dijalur perdangan antara China dan India.

2. Sebutkan prasasti-prasasti yang mengambarkan perihal kerajaan Tarumanegara !
Jawabannya yaitu prasasti-prasasti yang mengambarkan perihal kerajaan Tarumanegara yakni diantaranya yaitu antara lain sebagai berikut.

a. Prasasti Ciarateun.
b. Prasasti Jambu.
c. Prasasti Kebon Kopi.
d. Prasasti Muara Cianten.
e. Prasasti Pasir Awi.
f. Prasasti Cidanghiyang.
g. Prasasti Tugu.

3. Jelaskan penyebab kerajaan majapahit runtuh !
Jawabannya yaitu apakah penyebab kerajaan majapahit runtuh yakni diantaranya yaitu sebagai berikut dibawah ini.

a. Tidak adanya regenerasi (penerus)
Pada ketika gajah mada menjadi patih amangkubumi, dia memegang kekuasaan atau jabatan yang penting, sehingga ketika gajah mada wafat maka tidak ada lagi penerus yang sanggup menggantikan tugas penting dari gajah mada.
b. Wafatnya hayam wuruk dan gajah mada.
c. Terjadinya konflik saudara (paregreg).
d. Kelemahan pemerintahan pusat.
e. Masuk dan berkembangnya Islam (agama islam).
f. Daerah-daerah kekuasaan majapahit mulai melepaskan diri.

4. Bagaimana kondisi sosial politik dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran ?
Jawabannya yaitu bagaimana kondisi sosial politik kerajaan pajajaran dan nama raja yang pernah memerintah kerajaan pajajaran yakni kerajaan Pajajaran terletak di provinsi Jawa Barat yang berkembang pada kurun ke 8 sampai kurun ke 16. Adapun raja yang pernah memerintah pada kerajaan Pajajaran yakni diantaranya yaitu sebagai berikut :

a. Sri Baduga Maharaja Sarawista.
b. Ratu Sakti.
c. Ratu Milakendra.
d. Raga Mulya.
e. Rahyang Riskata Wastu Kencana.
f. Rahyang Dewa Niskala.
g. Sri Baduga Maharaja.
h. Hyang Wuni Sora.
i. Ratu Santah.
j. Prabu.
k. Ratu Dewata.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan yupa !
Jawabannya yaitu yupa merupakan sebuah tugu atau monumen dari kerikil yang dibentuk oleh kaum brahmana guna mengenang kemuliaan Raja Mulawarman perihal persembahan sapi kepada brahmana.

Demikian contoh soal dan jawaban perihal letak geografis kerajaan kutai, prasasti yang menjelaskan perihal kerajaan Tarumanegara, faktor penyebab kerajaan majapahit runtuh, bagaimana kondisi sosial politik serta nama raja yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran dan apa itu yang dimaksud dengan yupa. Semoga sanggup menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci balasan soal materi pelajaran sejarah perihal kerajaan-kerajaan di Indonesia.


Demikianlah Artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia

Sekianlah artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Kerajaan Di Indonesia dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/5-soal-dan-tanggapan-wacana-kerajaan-di.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel