Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak)

Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak) - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak)
link : Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak)

Baca juga


Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak)

 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK KMA NOMOR 184 TAHUN 2019 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA MADRASAH (STRUKTUR KURIKULUM MI MTS MA MAK)

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK), diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memperlihatkan payung aturan dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah, Maksud diterbitkannnya Pedoman implementasi ini ialah sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah. Sedangkan tujuan diterbitkannya Pedoman implementasi Kurikulum ini ialah untuk standarisasi implementasi Kurikulum di Madrasah dan memperlihatkan kesempatan kepada madrasah untuk berinovasi dalam mengimplementasikan kurikulum madrasah.

Adapaun Sasaran Pedoman implementasi Kurikulum Madrasah ini menurut Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 ialah satuan pendidikan madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan pendidikan madrasah.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK), Ruang lingkup pedoman implementasi kurikulum madrasah ini meliputi:
1. Struktur kurikulum;
2. Pengembangan implementasi kurikulum;
3. Muatan lokal;
4. Ekstrakurikuler;
5. Pembelajaran pada madrasah berasrama; dan
6. Penilaian hasil belajar.

Dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK, terdapat muatan dan Struktur Kurikulum MI. muatan dan Struktur Kurikulum MTS, muatan dan Struktur Kurikulum MA, dan muatan dan Struktur Kurikulum MAK. Khusus Struktur Kurikulum MA terdiri atas Struktur Kurikulum MA Peminatan MIPA, Struktur Kurikulum MA Peminatan IPS, Struktur Kurikulum MA Peminatan Bahasa dan Budaya, Struktur Kurikulum MA Peminatan Keagamaan, Struktur Kurikulum MAN Program Keagamaan (MAN-PK), Struktur Kurikulum MA Akademik, Struktur Kurikulum MA Plus Keterampilan.

Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada jenjang MI, MTS dan MA. Dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019, dinyatakan bahwa Implementasi Kurikulum MI
1. Pengembangan implementasi kurikulum pada MI sanggup dilakukan antara lain dengan:
a. Menambah beban berguru menurut pertimbangan kebutuhan akseptor didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan ketersediaan waktu.
b. Merelokasi jam pelajaran pada mata pelajaran tertentu untuk mata pelajaran lainnya sebanyak-banyaknya 6 (enam) jam pelajaran untuk keseluruhan relokasi.
c. Menyelenggarakan pembelajaran terpadu (integrated learning) dengan pendekatan kolaboratif.
2. Inovasi yang dilakukan madrasah dimuat dalam Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah bersangkutan dan mendapat persetujuan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.

Adapun Implementasi Kurikulum 2013 Pada jenjang MTs ialah sebagai berikut.
1. Pengembangan implementasi kurikulum pada MTs sanggup dilakukan antara lain dengan:
a. Menambah beban berguru menurut pertimbangan kebutuhan akseptor didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan ketersediaan waktu.
b. Merelokasi jam pelajaran pada mata pelajaran tertentu untuk mata pelajaran lainnya sebanyak-banyaknya 6 (enam) jam pelajaran untuk keseluruhan relokasi.
c. Menyelenggarakan pembelajaran terpadu (integrated learning) dengan pendekatan kolaboratif.
d. Menyelenggarakan pembelajaran dengan Sistem Paket atau Sistem Kredit Semester (SKS). Ketentuan wacana penyelenggaraan SKS diatur dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam
2. Inovasi yang dilakukan madrasah dimuat dalam Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah bersangkutan dan mendapat persetujuan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.

Implementasi Kurikulum 2013 pada jenjang MA ialah sebagai berikut.
1. Pengembangan implementasi kurikulum pada MA sanggup dilakukan antara lain dengan:
a.  Menambah beban berguru menurut pertimbangan kebutuhan akseptor didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan ketersediaan waktu.
b.  Merelokasi jam pelajaran pada mata pelajaran tertentu untuk mata pelajaran lainnya sebanyak-banyaknya 6 (enam) jam pelajaran untuk keseluruhan relokasi.
c.  Menyelenggarakan pembelajaran terpadu (integrated learning) dengan pendekatan kolaboratif.
d.  Menyelenggarakan pembelajaran dengan Sistem Paket atau Sistem Kredit Semester (SKS). Ketentuan wacana penyelenggaraan SKS diatur dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam
2. Inovasi yang dilakukan madrasah dimuat dalam Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah bersangkutan dan mendapat persetujuan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

Selengkapnya silahkan download dan baca KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK

Link download KMA Nomor 184 Tahun 2019 (disini)

Demikian warta wacana KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan Struktur Kurikulum MI MTS MA MAK 2019.  Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =





Demikianlah Artikel Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak)

Sekianlah artikel Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kma Nomor 184 Tahun 2019 Perihal Anutan Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Struktur Kurikulum Mi Mts Ma Mak) dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2018/07/kma-nomor-184-tahun-2019-perihal-anutan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel