Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga

Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga
link : Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga

Baca juga


Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga

Definisi keluarga dan fungsi keluarga yaitu pembahasan yang akan dijelaskan dengan detail pada bahan pelajaran dibawah ini. Dan yang menjadi fokus pembahasan yang akan dijelaskan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Keluarga Inti.
2. Pengertian Keluarga Besar.
3. Tipe Keluarga Besar.
4. Fungsi Keluarga.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan anda didalam mengetahui definisi dan fungsi keluarga, serta menjadi portal tumpuan kiprah ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh tanah air Indonesia.

Keluarga Inti dan Keluarga Besar

a. Pengertian Keluarga Inti
Keluarga inti yaitu keluarga yang terdiri dari suami (Ayah), istri (Ibu), dan belum dewasa sebagai keturunan mereka atas dasar ikatan perkawinan dan relasi darah. Konsep keluarga diatas sanggup diartikan juga dengan keluarga sempit. 
Konsep Keluarga Besar 

b. Pengertian Keluarga Besar
Keluarga besar yaitu ekspansi dari keluarga inti, yang tetap mendasarkan ikatan perkawinan dan relasi darah sebagai penentu siapa saja yang termasuk dalam keluarga besar, tapi ketika ini pengikat dalam konsep keluarga besar tidak lagi terpancang dari dua faktor tersebut, tetapi banyak faktor lain yang mengikat siapa saja yang termasuk anggota keluarga besar, ibarat :

1. Etnis
2. Sejarah leluhur
3. Agama
4. Tradisi
5. Solidaritas dan lain-lain.

Dari banyaknya definisi keluarga besar menurut relasi pengikat yang lain, konsep keluarga yang hakiki menjadi kabur, hal ini akan kuat terhadap aktivitas penelitian, kehidupan sosial, dan norma-norma yang ada dalam keluarga maupun masyarakat.
Baca juga Definisi Keluarga Sehat dan Keluarga Sejahtera

Tipe-Tipe Keluarga Besar

Keluarga besar sanggup dibedakan menjadi 3 (Tiga), yaitu :

1. Keluarga Besar Patrilineal
Tipe keluarga ini lebih mengunggulkan garis keturunan pihak ayah (laki-laki) daripada perempuan, maka pihak wanita dianggap lebih rendah dan selalu didiskriminasikan.

2. Keluarga Besar Matrilineal
Keluarga matrilineal lebih mengunggulkan dan mengutamakan garis keturunan dari pihak ibu, pria hanya dianggap sebagai pemberi bibit guna kelangsungan penerus generasi.

3. Keluarga Besar Parental (Parental)
Keluarga bilateral memiliki otoritas yang sama terhadap kiprah ayah dan ibu, keluarga ini tidak membedakan status pria dan perempuan.

Fungsi Keluarga

Keluarga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu :
1. Sebagai penerus generasi.
2. Sebagai pembentuk sistem nilai budaya.
3. Sebagai pendidik, pembimbing, dan pembina.

Demikian pembahasan mengenai Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga, supaya bermanfaat.


Demikianlah Artikel Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga

Sekianlah artikel Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Definisi Keluarga Dan Fungsi Keluarga dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2018/06/definisi-keluarga-dan-fungsi-keluarga.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel