Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso

Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso
link : Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso

Baca juga


Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso

Materi Sejarah wacana Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso

Halo teman-teman dan sahabat (MB) dimana pun kalian berada. Pada artikel dibawah ini saya akan memperlihatkan materi sejarah wacana biografi satria nasional Indonesia yang berjulukan Yos Sudarso.

Yos Sudarso adalah seseorang yang salah satu dari para tokoh pejuang yang mempertahankan harkat dan martabat serta keutuhan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1948 hingga 1965. Semoga bagi kalian yang sedang membutuhkan artikel ini untuk sebagai syarat melengkapi kiprah sekolah, kiprah perkuliahan bahkan untuk kiprah selesai atau skripsi supaya sanggup bermanfaat. Berikut ini yakni penjelasannya.

Materi Sejarah wacana Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso Materi Sejarah : Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso

Yos Sudarso
Pahlawan Yos Sudarso lahir di Salatiga provinsi Jawa Tengah pada tanggal 24 November 1925. Setelah Yos Sudarso menuntaskan pendidikan tingkat dasarnya, ia lalu meneruskan pendidikan nya ke kweekschool (sekolah pendidikan guru) Kolese Xaverius di Muntilan.

Akan tetapi disaat Yos Sudarso masih dalam proses masa pendidikan dan tidak sempat menuntaskan pendidikannya (tidak tamat) ketika para tentara jepang menduduki Nusantara (Indonesia). Sehingga menciptakan Yos Sudarso pindah sekolah di Semarang tepatnya di Sekolah Tinggi Pelayaran dan lalu Yos Sudarso mulai mengikuti acara pendidikan opsir pada Giyu Usama Butai. Pada ketika abad kemerdekaan, Yos Sudarso mulai mengikuti dan bergabung bersama BKR-Laut, lalu BKR-Laut mengalami perubahan pada nama yang bermetamorfosis Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Bermacam posisi jabatan yang terdapat di Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pernah di jabat oleh Yos Sudarso yakni sebagai berikut :
==> Komandan Kapal Perang Republik Indonesia 
a. Kapal Republik Indonesia (KRI) Gajah Mada
b. Kapal Republik Indonesia (KRI) Rajawali
c. Kapal Republik Indonesia (KRI) Alu
d. Kapal Republik Indonesia (KRI) Pattimura
Dan lalu juga Yos Sudarso mengikuti majemuk operasi militer (opmil) dalam rangka untuk memadam dan meredamkan agresi pemberontakan yang terjadi pada aneka macam daerah-daerah di Nusantara.
Baca ini Peristiwa Gerakan 30 September Atau Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI)
Di ketika pemerintah mengumumkan Tiga Komando Rakyat atau TriKoRa tepatnya pada bulan Desember 1961 dengan tujuan dan perjuangan untuk membebaskan Irian Barat dari genggaman Belanda, Yos Sudarso menghadapi kiprah yang sangat berat sebagai Deputi Operasi. Kemudian Yos Sudarso mengadakan dan melaksanakan patroli di wilayah perbatasan menyerupai Laut Aru dan membawa 3 (tiga) kapal yang berjenis MTB yakni sebagai berikut
1. Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul
2. Kapal Republik Indonesia (KRI) Harimau
3. Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Kumbang

Dan acara patroli yang dilakukan oleh Yos Sudarso ini terjadi sempurna pada tanggal 15 Januari 1962. Akan tetapi, acara patroli yang dilakukan oleh Yos Sudarso ini diketahui oleh pihak Belanda sehingga dua kapal dari pihak Belanda melaksanakan penyergapan terhadap ketiga Kapal Republik Indonesia (KRI) tersebut. Saat insiden itu, Yos Sudarso sedang berada di Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul dan Beliau memerintahkan untuk melaksanakan perlawanan dan penyerangan.

Dua Kapal Republik Indonesia (KRI) yang lain yakni Kapal Republik Indonesia (KRI) Harimau dan Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Kumbang sanggup meloloskan diri dari insiden penyergapan yang dilakukan kapal Belanda tersebut. Dengan insiden tersebut Kapal Republik Indonesia (KRI) Macan Tutul beserta seluruh awak kapal yang termasuk juga Yos Sudarso karam dan gugur.

Sehingga dengan demikian, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memperlihatkan dan menganugerahi Yos Sudarso gelar sebagai Pahlawan Nasional atas dasar dari Surat Keputusan (SK) oleh Presiden Nomor 088/TK/1973 pada tanggal 06 November 1973. Materi Sejarah wacana Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Yos Sudarso


Demikianlah Artikel Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso

Sekianlah artikel Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Sejarah : Biografi Pendekar Nasional Indonesia Yos Sudarso dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2018/03/materi-sejarah-biografi-pendekar_13.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel