Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli
link : Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli

Baca juga


Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli

Pengertian teori dan konsep ialah pokok pembahasan yang akan dijelaskan secara rinci pada artikel berikut ini. Definisi #teori dan #konsep biasanya sering ditemui pada penggalan 2 skripsi maupun makalah yang menjelaskan suatu teori konsep yang relevan dengan judul yang diangkat sebagai dasar pola penelitian. Teori dan konsep juga sanggup dikatakan sebagai sebuah #landasan teori pada suatu penelitian.

Pengertian Landasan Teori

Arti landasan teori adalah rujukan suatu duduk masalah yang akan anda teliti, dengan kata lain yakni sebuah artikel atau paragraf yang berbentuk sebuah teks isu (bisa berupa catatan) yang mendasari suatu eksperimen atau penelitian.

Landasan adalah kawasan atau wadahnya penelitian dan sedangkan arti teori adalah berupa pendapat dari para andal mengenai apa yang sedang anda teliti. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa landasan teori sanggup diartikan sebagai pemahaman para andal akan sebuah teorinya yang terkait dengan penelitian yang sedang anda lakukan.

Adapun fokus pembahasan yang akan di uraikan berdasarkan judul yakni ibarat berikut :

1. Pengertian Teori.
2. Pengertian Konsep.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah akan pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui #pengertian teori dan #pengertian konsep berdasarkan para ahli/pakar serta menjadi portal tumpuan kiprah maupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
 ialah pokok pembahasan yang akan dijelaskan secara rinci pada artikel berikut ini Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Para Ahli
Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Para Ahli
Penelitian dilakukan semoga memperoleh klarifikasi dan balasan atas suatu permasalahan serta memperlihatkan alternatif bagi kemungkinan yang sanggup digunakan untuk pemecahan masalah. Penjelasan dan balasan tersebut memerlukan data untuk di olah semoga menemukan alternatif yang sesuai dengan permasalahan tersebut.

Setelah duduk masalah dalam penelitian telah dirumuskan, maka proses selanjutnya ialah mencari teori-teori yang bekerjasama dengan penelitian. Teori dibutuhkan agar peneliti mengerti dan memahami cara menjelaskan atau menganalisis fenomena yang terjadi berdasarkan sebuah alur pikir teori penelitian tertentu.

Sehingga antara teori dan penelitian tidak sanggup dipisahkan alasannya ialah fenomena tersebut sanggup dianalisis atau dijelaskan melalui alur pikir teori yang relevan, oleh alasannya ialah itu peneliti harus paham wacana pengertian teori.

Dengan demikian seorang penulis harus mempunyai dasar-dasar teori dan konsep sebagai panduan serta landasan penulisan lebih lanjut. Landasan teori ini perlu ditegakkan semoga penelitian mempunyai dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba. Adanya landasan teoritis ini merupakan ciri bahwa penelitian itu merupakan cara ilmiah untuk mendapat data. (Sumadi Suryabrata,1990 (dalam Sugiono, 2010:52)).

Pengertian Teori Menurut Para Ahli/Pakar

Menurut pendapat Emory Cooper (dalam Umar, 2004:50) menyampaikan teori ialah suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variabel yang berkaitan satu sama lain secara sistematis dan telah digeneralisasi sehingga sanggup menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu.

Kemudian menurut Siswoyo (dalam Mardalis, 2003:42) bahwa teori diartikan sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling bekerjasama yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan membuktikan relasi antar variabel, dengan tujuan untuk membuktikan dan meramalkan fenomena

Selanjutnya berdasarkan Hoy & Miskel (dalam Sugiyono, 2010:55) teori ialah seperangkat konsep, asumsi, dan generalisasi yang sanggup digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan sikap dalam banyak sekali organisasi.

Menurut situs Wikipedia Indonesia yang menyatakan arti serta definisi teori ialah serangkaian penggalan atau variabel, definisi, dan dalil yang saling bekerjasama yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan memilih relasi antar variabel, dengan memilih relasi antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Teori sanggup membatasi jumlah fakta yang perlu di pelajari, sanggup memberi ajaran pada cara-cara mana yang sanggup memberi hasil yang terbaik dan sanggup digunakan untuk memprediksi fakta-fata lebih lanjut yang harus dicari.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli/Pakar

Konsep adalah sejumlah ciri yang berkaitan dengan suatu objek dimana konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri yang sama.

Menurut Tan (dalam Koentjaraningrat, 1997:32) menyampaikan bahwa konsep atau pengertian ialah unsur pokok di dalam suatu penelitian, jika duduk masalah dan kerangka teorinya sudah jelas, biasanya sudah diketahui pula fakta mengenai hal yang menjadi pokok perhatian dan suatu konsep yang bersama-sama ialah definisi secara singkat dari sekelompok fakta atau tanda-tanda itu.

Sedangkan berdasarkan Umar (2004:51) konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa #teori dan konsep merupakan serangkaian pernyataan yang saling bekerjasama yang menjelaskan mengenai sekelompok kejadian/peristiwa dan merupakan suatu dasar atau petunjuk didalam melaksanakan suatu penelitian, dimana teori dan konsep tersebut sanggup memperlihatkan citra secara sistematis dari suatu fenomena.

Daftar Pustaka

Sugiyono Prof, Dr. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung : Cv. Alfa Beta.
Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mardalis, 2003. Metode Penelitian Kualitatif (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta : Bumi Aksara.
Koentjarajingrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat/Redaksi Koentjaraningrat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Demikianlah Artikel Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli

Sekianlah artikel Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Teori Dan Konsep Berdasarkan Para Ahli dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/10/pengertian-teori-dan-konsep-berdasarkan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel