Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar

Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar
link : Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar

Baca juga


Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar

Ciri-ciri dan syarat pengawasan yaitu pembahasan yang akan di jelaskan secara rinci pada artikel berikut ini. Pembahasan ini masuk kedalam aspek materi pelajaran ekonomi administrasi dan semua pelajaran yang bekerjasama dengan manajemen, pengawasan, POAC dan lain sebagainya didalam suatu organisasi dan atau perusahaan. Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan yakni :

1. Ciri-ciri pengawasan.
2. Syarat pengawasan.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan anda didalam mengetahui apa saja ciri-ciri dan syarat pengawasan berdasarkan para pakar/ahli serta menjadi portal tumpuan kiprah ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
 yaitu pembahasan yang akan di jelaskan secara rinci pada artikel berikut ini Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Menurut Ahli / Pakar
Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan

Ciri-ciri Pengawasan

Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan atau yang telah berjalan haruslah efektif. Dengan demikian, penyimpangan atau kesalahan sanggup diminimalisir sehingga acara dalam suatu institusi dalam berjalan dengan lancar dan terkendali. Agar pengawasan berjalan efektif, maka seorang manajer atau pimpinan instansi haruslah mengetahui ciri-ciri pengawasan yang efektif tersebut.

Menurut Siagian (2007:130) pengawasan akan berlangsung efektif apabila mempunyai aneka macam ciri yang dibahas sebagai berikut :

1. Pengawasan harus merefleksikan sifat dari aneka macam acara yang diselenggarakan. Yang dimaksud ialah bahwa teknik pengawasan harus sesuai, antara lain dengan inovasi warta perihal siapa yang melaksanakan pengawasan dan acara apa yang menjadi target pengawasan tersebut.

2. Pengawasan harus segera menawarkan petunjuk perihal kemungkinan adanya deviasi dari rencana.
3. Pengawasan harus memperlihatkan pengecualian pada titik-titik strategis tertentu.

4. Objektivitas dalam melaksanakan pengawasan
Salah satu komponen dalam planning ialah standar prestasi kerja yang diharapkan dipenuhi oleh para pelaksana acara operasional tersebut. Standar tersebut harus terang terlihat bukan saja dalam mekanisme dan mekanisme kerja, melainkan rangkaian kriteria yang menggambarkan persyaratan baik kuantitatif dan kualitatif. Dengan adanya kreteria tersebut, pengawasan sanggup dilakukan lebih objektif.

5. Keluwesan pengawasan
Pengawasan sebaiknya bersifat fleksibel sehingga kalau terjadi desakan untuk melaksanakan perubahan-perubahan pada pelaksanaan, perubahan itu sanggup dilakukan tanpa harus mengganti contoh dasar kebijaksanaan dan planning organisasi.

6. Pengawasan harus memperhitungkan contoh dasar organisasi.
7. Efisiensi pelaksanaan pengawasan
Pengawasan dilakukan supaya keseluruhan organisasi bekerja dengan tingkat efisiensi yang semakin tinggi.

8. Pemahaman sistem pengawasan oleh semua pihak yang terlibat
Dengan mengatasnamakan kecanggihan sistem pengawasan, remaja ini banyak dipakai dan dikembangkan aneka macam teknik untuk membantu para manajer melaksanakan pengawasan secara efektif menyerupai aneka macam rumus matematika, bagan-bagan yang rumit, analisis yang rinci dan data-data statistik.

9. Pengawasan mencari apa yang tidak beres
Artinya, pengawasan yang baik menemukan siapa yang salah dan faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan terjadinya kesalahan tersebut lalu memperbaiki kesalahan tersebut.
10. Pengawasan harus bersifat membimbing.
Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa ciri-ciri dari pengawasan yang efektif yaitu sebagai berikut :

1. Pengawasan harus mempunyai kejelasan perihal pencapaian tujuan dalam mengadakan perbaikan.
2. Dalam pelaksanaan pengawasan, manajer harus adil dan bijak dalam pelaksanaan acara pengawasan tersebut.
3. Pengawasan harus bersifat fleksibel, dimana kalau terjadi perubahan-perubahan pada pelaksanaannya, pengawasan sanggup mengikuti keadaan dengan keadaan.
4. Pengawasan haruslah berjalan secara efektif, bila perlu efisien.
5. Pengawasan bersifat membimbing biar terjadi perbaikan.
Setelah mengetahui ciri-ciri dari pengawasan yang efektif sebagaimana yang telah disebutkan diatas, seorang manajer atau pimpinan instansi haruslah mengaplikasikan ciri-ciri tersebut demi kemajuan organisasi, instansi dan atau perusahaan.

Syarat-Syarat Pengawasan

Untuk syarat-syarat pengawasan yang efektif sangat diharapkan penerapannya, adapun berdasarkan Siagian dalam syarat pengawasan itu sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Pengawasan harus merefleksikan sifat dan aneka macam kegiatan, maksudnya yaitu teknik pengawasan harus sesuai antara lain perihal penentuan warta siapa yang melaksanakan pengawasan dan acara apa yang menjadi target pengawasan tersebut.
2. Pengawasan harus segera menawarkan petunjuk perihal kemungkinan adanya deviasi dan rencana.
3. Pengawasan yang efektif dilakukan minimal satu kali dalam seminggu, biar kiprah yang diberikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
4. Obyektivitas dalam melaksanakan pengawasan.
5. Pengawasan harus memperhitungkan contoh dasar organisasi, menyerupai pembagian tugas, pendelegasian wewenang, contoh pertanggung tanggapan jalur komunikasi dan informasi.
6. Efesiensi pelaksanaan pengawasan.
7. Pemahaman sistem pengawasan oleh semua pihak yang terlibat.
8. Pengawasan mencari apa yang tidak beres.
9. Pengawasan harus bersifat membimbing.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri dan syarat pengawasan berdasarkan para ahli, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

Sondang P. Siagian. (2007). Fungsi-Fungsi Manajemen edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Demikianlah Artikel Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar

Sekianlah artikel Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan Berdasarkan Jago / Pakar dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/10/ciri-ciri-dan-syarat-pengawasan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel