Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Geografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya
link : Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya

Baca juga


Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya

Sungai dan danau adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan ihwal sungai dan danau yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian sungai.
2. Jenis-jenis sungai.
3. Manfaat sungai.
4. Pengertian danau.
5. Jenis-jenis danau.
6. Manfaat danau.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian sungai dan danau, apa saja jenis-jenis sungai dan danau serta manfaat sungai dan danau serta menjadi portal acuan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya
Sungai

Pengertian Sungai


Sungai yaitu aliran air alami yang membawa air dari pegunungan ke lautan. Sungai sanggup mengubah permukaan daratan serta mengukir lembah dan jurang sepanjang lapisan batuan yang dilewatinya. Sungai mengalir secara perlahan dan berkelok-kelok membentuk meander. Ketika mencapai laut, sungai melepaskan endapannya yang terakhir disepanjang delta.

Jenis-Jenis Sungai

Berdasarkan keadaan airnya, sungai dibedakan menjadi 2 jenis yakni sebagai berikut :
1. Sungai permanen
Sungai permanen ialah sungai yang airnya mengalir terus-menerus sepanjang tahun, biasanya tidak terpengaruh oleh pergantian musim.
2. Sungai periodik
Sungai periodik ialah sungai yang airnya hanya mengalir dikala demam isu hujan. Jadi, sungai ini sangat dipengaruhi oleh pergantian musim.

Berdasarkan sumber airnya, sungai dibedakan menjadi 3 jenis yakni sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.
1. Sungai hujan
Sungai hujan ialah sungai yang bersumber airnya berasal dari air hujan. Di Indonesia sebagian besar sungainya ialah sungai hujan alasannya ialah curah hujan di indonesia sangat tinggi.
2. Sungai gletser
Sungai gletser ialah sungai yang sumber airnya berasal dari es yang mencair. Sungai gletser ini biasanya banyak terdapat di kawasan kutub.
3. Sungai campuran
sungai adonan ialah sungai yang sumber airnya berasal dari adonan air hujan dan salju yang mencair.

Manfaat Sungai

Sungai sangat berkhasiat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup dimuka bumi. Adapun manfaat dan fungsi sungai diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Untuk perikanan dan juga tambak air tawar.
2. Irigasi untuk pertanian sawah dan sebagainya.
3. Dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
4. Sarana transportasi air.
5. Dapat juga dipakai sebagai sarana rekreasi atau hiburan.

Danau

Pengertian Danau

Danau ialah genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Beberapa danau sangat besar sehingga dinamakan bahari pedalaman. Air danau biasanya segar dan tidak asin. Namun di beberapa danau, banyak air yang menguap dikala terkena panas matahari sehingga air yang tersisa terasa sangat asin. Danau pedalaman yang paling asin ialah Danau Laut Mati.

Jenis-Jenis Danau

Danau pengikisan terbentuk apabila air terkumpul dalam sebuah lubang yang terbentuk alasannya ialah pengikisan kerikil oleh gletser maupun alasannya ialah goresan angin di gurun. Sementara, danau kawah terbentuk ketika air hujan terkumpul di puncak gunung berapi yang telah mati.

Selain itu, sebuah danau terbentuk dikala lava menghalangi aliran sungai, Contohnya Laut Galillee di israel. Danau juga sanggup terbentuk di kawasan lapisan kerak bumi merekah dan air mengalir ke dalamnya.

Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan menjadi 6 yakni sebagai berikut :
1. Danau tektonik
Danau tektonik ialah danau yang terjadi akhir proses tektonisme. Contoh danau tektonik ialah danau Towuti dan danau Tempe.

2. Danau Vulkanik
Danau vulkanik ialah danau yang terbentuk akhir proses vulkanisme atau terjadinya letusan gunung berapi. Contoh danau vulkanik ialah danau Gunung Kelud dan danau Gunung Lamongan.

3. Danau Tektovulkanik
Danau tektovulkanik ialah danau yang terbentuk akhir proses tektonisme dan vulkanisme. Contoh danau tektovulkanik ialah danau Toba.

4. Danau Kast
Danau kast ialah danau yang terbentuk pada kawasan batuan kapur.

5. Danau Glasial
Danau glasial ialah danau yang terbentuk akhir proses pengikisan permukaan bumi oleh salju yang mencair.

6. Danau Buatan
Danau buatan ialah danau yang sengaja dibentuk oleh insan untuk kepentingan tertentu. Contoh danau buatan ialah Waduk Jati Luhur.

Manfaat Danau

Danau juga mempunyai fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Adapun manfaat dan fungsi danau, ialah sebagai berikut :

1. Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
2. Untuk irigasi atau pengairan pertanian masyarakat.
3. Untuk perikanan atau tambak air tawar.
4. Bisa juga dimanfaatkan untuk sarana rekreasi atau hiburan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis serta manfaat dari sungai dan danau.


Demikianlah Artikel Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya

Sekianlah artikel Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Sungai Dan Danau Serta Jenis Dan Manfaatnya dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/09/pengertian-sungai-dan-danau-serta-jenis.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel