Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Geografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya
link : Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya

Baca juga


Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya

Air tanah dan laut adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan perihal air tanah dan maritim yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian air tanah.
2. Pengertian laut.
3. Jenis-jenis laut.
4. Batas-batas wilayah laut.
5. Manfaat laut.
6. Pesisir dan pantai.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian air tanah dan laut, apa saja jenis-jenis laut, batas-batas laut, manfaat laut serta apa itu pesisir dan pantai serta menjadi portal rujukan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini Pengertian Air Tanah Dan Laut Serta Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Air Tanah

Air tanah ialah air yang terkandung di dalam tanah. Berdasarkan tingkat kedalamannya, air tanah di bedakan atas dua jenis. Adapun #2 jenis air tanah menurut tingkat kedalamannya ialah yakni sebagai berikut :

1. Air tanah dangkal
Air tanah dangkal di sebut juga air tanah freatik. Air tanah ini biasa di gunakan oleh penduduk untuk kebutuhan sehari-hari, menyerupai untuk sumur pompa, ataupun sumur biasa yang memakai timba.
2. Air tanah dalam
Air tanah dalam ialah air tanah yang terkandung di dalam lapisan tanah dalam, biasanya dalam bentuk sumur artesis.

Pengertian Laut

Laut ialah bab tempat rendah di permukaan bumi yang di genangi air asin. Semua air maritim awalnya ialah air tawar. Kandungan garam atau disebut salinitas dari air maritim bervariasi. Beberapa maritim menyerupai Laut Baltik mempunyai kandungan garam yang rendah jawaban banyaknya air sungai yang masuk ke dalamnya.

Sedangkan arti maritim mati ialah maritim yang sedikit mendapatkan air hujan dan banyak mengalami penguapan, serta mempunyai kandungan garam yang tinggi.

Jenis-jenis laut

Dibawah ini ialah jenis-jenis maritim yang dibedakan menjadi dua macam yakni menurut letaknya dan menurut kedalamannya. Berikut klarifikasi #2 jenis laut tersebut yang dilengkapi dengan contohnya.

1. Jenis maritim menurut letaknya, maritim dibedakan menjadi tiga jenis. Adapun #3 jenis maritim menurut letaknya yakni sebagai berikut :

a. Laut pedalaman
Laut pedalaman ialah maritim laut yang letaknya berada di tengah-tengah benua. Contoh maritim pedalaman ialah Laut Kaspia.
b. Laut tengah
Laut tengah ialah maritim yang letaknya berada di antara beberapa benua. Contoh maritim tengah ialah Laut Tengah (mediteran)
c. Laut tepi
Laut tepi ialah maritim yang letaknya berada di tepian benua. Contoh maritim tepi ialah Laut Cina selatan.

2. Jenis maritim menurut kedalamannya, maritim terdiri atas empat jenis. Adapun #4 jenis maritim menurut kedalamannya yakni sebagai berikut :

a. Zona litoral
Zona litoral ialah zona pasang surut air laut, yaitu zona yang akan tergenang dikala air maritim pasang atau sebaliknya.
b. Zona neritik
Zona neritik ialah zona maritim dangkal yang mempunyai kedalaman 0-200 meter. Wilayah ini biasanya tempat yang memilki potensi ikan.
c. Zona batial
Zona batial ialah zona maritim dalam yang memilki kedalaman 200-2000 meter.
d. Zona abisal
Zona abisal ialah zona maritim yang mempunyai kedalaman lebih dari 2000 meter, biasanya berupa tempat dasar samudra.

Batas-batas wilayah laut

Berikut ini ialah batas-batas wilayah maritim yang terdiri atas tiga jenis. Adapun #3 jenis batas wilayah laut yang dimaksud ialah yakni sebagai berikut :

1. Batas maritim teritorial
Batas maritim teritorial ialah batas wilayah maritim yang yang di ukur sejauh 12 mil dari garis terluar suatu pulau.
2. Batas landas kontinen
Batas landas kontinen ialah batas yang merupakan kelanjutan dari benua yang berada di bawah permukaan laut.
3. Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
Zona ekonomi langsung (ZEE) ialah batas wilayah maritim yang diukur 200 mil dari garis terluar suatu pulau.

Manfaat laut

Dibawah ini ialah manfaat dari adanya maritim bagi kehidupan seluruh makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Adapun manfaat dan fungsi laut ialah sebagai berikut :

1. Air maritim terdiri dari bermacam mineral
Mineral yang paling banyak ialah natrium dan klorin, yang kalau bergabung akan membentuk garam. Rata-rata dalam 1 liter air maritim terdapat 30 gram garam. Suatu proses desalinasi sanggup memisahkan garam dari air maritim untuk menghasilkan air tawar yang layak di minum.
2. Potensi biota laut
Potensi biota maritim menyerupai ikan laut, terumbu karang, budi daya rumput maritim , budi daya tiram, mutiara yang bernilai ekonomi sangat tinggi.
3. Penambangan minyak bumi.
4. Sarana transportasi dan jalur kemudian lintas pelayaran internasional.
5. Sarana rekreasi dan hiburan, menyerupai wisata taman laut.

Pesisir dan pantai

Pengertian pesisir sanggup diartikan sebagai wilayah peralihan antara daratan dan lautan. Pesisir mempunyai 2 batas, #2 batas pesisir yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

1. Batas yang sejajar garis pantai (long shore).
2. Batas yang tegak lurus garis pantai (cross shore).

Kemudian pengertian pantai sanggup diartikan sebagai jalur tempat tempat pertemuan antara tempat daratan dan laut, yang dimulai dari batas muka air pada waktu pasang surut terendah menuju arah darat hingga batas tertinggi yang menerima efek gelombang.

Adapun pantai sanggup di kelompokkan menjadi 3 jenis. #3 jenis pengelompokan pantai yang dimaksud yakni sebagai berikut :

1. Pantai fyord
Pantai fyord terjadi alasannya ialah erosi oleh gletser yang mengalami pemerosotan hingga di bawah permukaan air laut.
2. Pantai ria
Pantai ria ialah pantai yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah dengan arah melintang terhadap pantai.
3. Pantai longitudinal
Pantai longitudinal terjadi kalau pada pantai tersebut terdapat pegunungan yang letaknya sejajar dengan pantai.

Demikian pembahasan mengenai pengertian air tanah, pengertian laut, pengertian pantai dan pengertian pesisir beserta jenis dan manfaatnya.


Demikianlah Artikel Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya

Sekianlah artikel Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Air Tanah Dan Bahari Serta Jenis Dan Manfaatnya dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/09/pengertian-air-tanah-dan-bahari-serta.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel