Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Geografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas
link : Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Baca juga


Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Atlas adalah pokok utama pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan wacana Atlas yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Atlas.
2. Jenis Atlas.
3. Manfaat Atlas.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui apa itu atlas, apa saja jenis-jenis atlas dan apa manfaat dari peta serta menjadi portal tumpuan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Pengertian Atlas

Arti atlas ialah kumpulan peta yang dibukukan, yang mana kumpulan-kumpulan peta tersebut sanggup meliputi seluruh peta dunia maupun sebagian saja. Peta dunia yang berbentuk dari atlas modern pertama oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570.

Definisi lain mengenai atlas yakni atlas merupakan kumpulan-kumpulan dari peta yang lalu disatukan kedalam model buku, yang mana kumpulan peta yang tersaji dalam bentuk buku tersebut berisikan dengan gosip mengenai geografi, batas-batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi. Dan semua gosip tersebut tersaji dalam satu bentuk buku peta yang disebut dengan atlas.

Adapun didalam atlas lalu sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis dan macam yang sanggup dijelaskan sebagai berikut :

Jenis Atlas

1. Berdasarkan berdasarkan jenisnya, atlas dibagi menjadi tiga jenis. Adapun #3 jenis atlas yang dimaksud yakni sebagai berikut :

a. Atlas umum
Atlas umum ialah atlas yang memperlihatkan gosip secara umum wacana kenampakan geografi di permukaan bumi. Contoh jenis atlas umum ialah atlas nasional, atlas regional dan atlas dunia.
b. Atlas khusus
Atlas khusus ialah atlas yang hanya memuat satu jenis gosip saja sesuai dengan judulnya. Contoh atlas khusus ialah atlas penduduk dan atlas geologi.
c. Atlas semesta
Atlas semesta ialah atlas yang memaparkan keadaan semesta alam yang antara lain yang berafiliasi dengan tata surya, galaksi dan perbintangan serta peredaran benda-benda angkasa.

2. Berdasarkan berdasarkan tujuan dan isinya, atlas lalu dibedakan menjadi tiga jenis. Adapun #3 jenis atlas berdasarkan tujuan dan isinya yang dimaksud yakni sebagai berikut :

a. Atlas referensi
Atlas tumpuan ialah atlas yang dipakai untuk mengetahui kenampakan geografi dan batas negara (batas wilayah).
b. Atlas pendidikan atau atlas sekolah.
c. Atlas tematik
Atlas tematik ialah atlas yang berisi dengan peta-peta dengan tema tertentu. Contoh atlas tematik ialah peta persebaran penduduk, peta pertanian, peta pariwisata dan lain sebagainya.
Baca juga Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Manfaat Atlas

Fungsi atlas sanggup dipakai untuk beberapa keperluan didalam kehidupan ibarat berikut :

1. Menunjukan lokasi suatu tempat dalam pemetaan suatu wilayah.
2. Menginformasikan luas, posisi dan letak suatu lokasi atau wilayah.
3. Menunjukan relief-relief kenampakan bumi di suatu wilayah atau daerah.


Demikianlah Artikel Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas

Sekianlah artikel Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Jenis Dan Manfaat Atlas dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/09/pengertian-jenis-dan-manfaat-atlas.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel