Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Geografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta
link : Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Baca juga


Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Peta adalah pokok utama pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan wacana peta yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Peta.
2. Jenis Peta
3. Bentuk Peta.
4. Komponen Peta.
5. Manfaat Peta.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui apa itu peta, apa saja jenis-jenis peta, apa saja bentuk peta, apa saja komponen-komponen peta, dan apa manfaat dari peta serta menjadi portal rujukan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Pengertian peta

Arti peta yaitu citra sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bidang datar dengan memakai skala tertentu. Apabila ingin berguru lebih dalam mengenai peta, maka yang perlu dipelajari yakni ilmu khusus wacana pemetaan yang disebut dengan istilah Kartografi.

Jenis Peta

Adapun didalam jenis peta, peta dibedakan menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut ini:

1. Jenis-jenis peta menurut isinya
a. Peta Umum
Peta umum yaitu peta yang menggambarkan seluruh bentuk kenampakan alam yang ada dipermukaan bumi, baik berupa kenampakan fenomena alam orisinil (misalnya sungai, lautan, pegunungan dan lain sebagainya) maupun keadaan fenomena budaya yang ada di suatu tempat (seperti jalan kereta, batas wilayah, batas negara, jalan raya dan lain sebagainya).

Adapun didalam peta umum kemudian dikelompokkan lagi menjadi dalam bentuk tiga jenis, #3 jenis peta umum yakni sebagai berikut :

1). Peta Dunia
Peta dunia yaitu peta yang menggambarkan bentuk dan letak muka bumi serta wilayah setiap negara didunia dengan skala tertentu.

2). Peta Topografi atau Peta Rupa Bumi
Peta topografi atau peta rupa bumi yaitu peta yang menggambarkanpermukaan bumi beserta tinggi rendahnya.

3). Peta Korografi
Peta korografi yaitu peta yang menggambarkanpermukaan bumi, baik sebagian maupun seluruhnya yang bercorak luas dengan skala kecil.

b. Peta Khusus atau Peta Tematik
Peta khusus atau peta tematik yaitu peta yang menggambarkan suatu kenampakan alam tertentu yang ada di permukaan bumi. Contoh peta khusus atau peta tematik yaitu peta jalur penerbangan. Adapun didalam peta khusus atau peta tematik terdapat beberapa jenis, antara lain yakni sebagai berikut :

1). Peta Statistik
Didalam peta statistik kemudian terbagi lagi menjadi dua jenis. Adapun #2 jenis peta statistik yakni :

a). Peta Statistik Kualitatif
Peta statistik kualitatif yaitu peta yang menggambarkan penyebaran jenis data tanpa memperhitungkan jumlah data.
b). Peta Statistik Kuantitatif
Peta statistik kualitatif yaitu peta yang menggambarkan penyebaran jenis data sekaligus memperhitungkan besaran data.

2). Peta Dinamik
Peta dinamik yaitu peta yang menggambarkan gerakan suatu data yang berupa simbol garis dan panah.

2. Jenis-jenis peta menurut skalanya
Berikut ini yaitu jenis-jenis peta menurut skalanya yang akan dijelaskan yakni sebagai berikut :

a. Peta skala kadaster atau peta teknik
Peta skala kadaster atau peta teknik yaitu peta yang memiliki skala 1:100 hingga dengan skala 1:5000. Peta ini biasanya dipakai untuk pengukuran tanah.

b. Peta berskala besar
Peta berskala besar yaitu peta yang berskala 1:5000 hingga dengan skala 1:250.000.

c. Peta berskala sedang
Peta berskala sedang yaitu peta yang berskala 1:250.000 hingga dengan skala 1:500.000.

d. Peta berskala kecil
Peta berskala kecil yaitu peta yang berskala 1:500.000 hingga dengan skala 1:1.000.000.

Bentuk Peta

Dibawah ini yaitu beberapa bentuk peta yakni sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Peta Digital
Peta digital yaitu peta yang digambarkan dengan pertolongan jadwal aplikasi komputer, dan biasanya peta digital memakai Sistem Informasi Geografis (SIG).

2. Peta Timbul (Peta Relief)
Peta timbul atau juga disebut dengan peta Relief yaitu peta yang menggambarkan bentuk bekerjsama dari permukaan bumi dan berbentuk Tiga Dimensi (3D).

3. Peta Datar
Peta datar yaitu peta yang digambarkan dalam bidang datar menyerupai kertas, dan biasanya peta datar berbentuk Dua Dimensi (2D).

Komponen-Komponen Peta

Didalam peta terdapat beberapa komponen-komponen yang membentuk suatu peta. Adapun komponen-komponen didalam sebuah peta sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Judul Peta
Judul peta yaitu nama yang diberikan sebagai penunjuk tempat yang digambarkan pada peta.

2. Skala Peta
Skala peta yaitu angka perbandingan yang memperlihatkan jarak pada peta dengan jarak bekerjsama dipermukaan bumi.

3. Tanda Orientasi atau Tanda Penunjuk Arah
Tanda orientasi atau disebut juga dengan tanda penunjuk arah yaitu sebuah penunjuk arah yang dicatumkan didalam peta yang berfungsi sebagai contoh bagi pembaca peta dalam memilih arah utara dan arah selatan pada peta.

4. Inset
Inset yaitu peta kecil yang disisipkan pada peta utama. Inset biasanya dipakai untuk menunjuk suatu objek peta yang ada pada peta utama dengan perbesaran peta atau sanggup juga untuk memperlihatkan peta utama dari tempat yang luas.

5. Legenda Peta
Legenda peta yaitu daftar simbol-simbol yang memperlihatkan keterangan wacana peta. Biasanya legenda peta di cantumkan sempurna di bab kiri bawah sebuah peta. Adapun simbol peta secara umum dibedakan menjadi empat simbol, #4 simbol peta yang dimaksud yakni dijelaskan sebagai berikut :

a. Simbol Garis
Simbol garis yaitu simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk garis-garis tertentu, contohnya misal untuk menggambarkan jalan.
b. Simbol Titik
Simbol titik yaitu simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk titik tertentu.
c. Simbol Warna
Simbol warna yaitu simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk warna-warna tertentu, contohnya misal menyerupai warna kuning identik untuk menggambarkan dataran tinggi.
d. Simbol Wilayah
Simbol wilayah yaitu simbol pada peta yang digambarkan dalam bentuk wilayah-wilayah tertentu, contohnya misal menyerupai wilayah persawahan, wilayah tambak, dan lain sebagainya.

6. Garis Astronomis
Garis astronomis yaitu garis pada peta yang memperlihatkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Adapun pengertian garis lintang yaitu garis khayal yang horizontal sejajar dengan garis khatulistiwa, sedangkan pengertian garis bujur yaitu garis khayal yang vertikal memanjang dari utara ke selatan.

7. Sumber dan Tahun Pembuatan Peta
Pengertian sumber peta yaitu forum yang menciptakan dan mengeluarkan peta. Sedangkan pengertian tahun pembuatan yaitu waktu dibuatnya peta, dan juga berfungsi sebagai contoh pemakaian peta, apakah masih layak dipakai atau tidak. Hal ini dikarenakan biasanya batas pemakaian sebuah peta tidak lebih dari 10 tahun.

Manfaat Peta

Didalam pembuatan peta, terdapat manfaat yang sanggup diperoleh. Adapun manfaat dari peta sanggup dijelaskan yakni sebagai berikut :

1. Manfaat peta yaitu untuk mengetahui jarak satu tempat dengan tempat lainnya.
2. Mengetahui arah suatu tempat.
3. Menjelaskan kondisi lingkungan suatu tempat.
4. Melalui peta tematik, sanggup memperoleh data.
5. Melalui peta, orang sanggup memperkirakan kemungkinan perjuangan yang dilakukan.


Demikianlah Artikel Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta

Sekianlah artikel Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen Peta Serta Manfaat Peta dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/09/pengertian-jenis-bentuk-komponen-peta.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel