Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019 - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kelas 6, Artikel Kumpulan Soal, Artikel Soal UTS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019
link : Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

Baca juga


Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS / Perguruan Tinggi Swasta Bahasa Indonesia Kelas 6 Kurikulum 2013 terbaru Tahun Ajaran 2019/2020. Soal Perguruan Tinggi Swasta Bahasa Indonesia ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal Perguruan Tinggi Swasta Bahasa Indonesia ini sanggup dijadikan sebagai materi rujukan berguru untuk adik-adik kelas 6 dalam menghadapi UTS / Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester)

Soal Perguruan Tinggi Swasta Bahasa Indonesia Kelas 6 Terbaru 2019/2020


Berikut ini ialah pola latihan Soal UTS  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang tidak termasuk nama lain wangsit pokok ialah ....
a. gagasan utama
b. gagasan pokok
c. kalimat utama
d. pokok pikiran

2. Suatu gagasan sanggup dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Letak gagasan tersebut dalam sebuah paragraf ialah pada ....
a. kalimat utama
b. kalimat penjelas
c. kalimat pengembang
d. kalimat terakhir

3. Bacalah paragraf berikut !
Lemak ialah salah satu kandungan utama dalam masakan dan juga sebagai salah satu sumber utama energi. Sumber masakan yang mengandung lemak mirip lemak flora dari kelapa, kelapa sawit, kedelai, jagung, mentega, dan lemak hewan. Peran dari lemak ini bagi badan ialah sebagai sumber energi yang efektif 2 kali lebih besar dibandingkan protein dan karbohidrat.
Kalimat utama ditandai oleh nomor ....
a. Lemak ialah salah satu kandungan utama dalam makanan
b. Sumber masakan yang mengandung lemak mirip lemak flora dari kelapa, kelapa sawit, kedelai, jagung, mentega, dan lemak hewan
c. Peran dari lemak ini bagi badan ialah sebagai sumber energi
d. Lemak ialah salah satu kandungan utama dalam masakan mirip lemak flora dari kelapa, kelapa sawit, kedelai, jagung, mentega, dan lemak hewan

4. Hal-hal berikut ini yang tidak termasuk langkah mengidentifikasi wangsit pokok dalam sebuah paragraf ialah ....
a. Membaca sebagian kalimat dalam paragraf secara sekilas.
b. Menentukan kalimat yang mengandung informasi paling penting dari paragraf tersebut.
c. Menentukan jenis paragraf dengan melihat letak kalimat utamanya.
d. Menentukan wangsit pokok yang dinyatakan dalam kalimat utama tersebut.

5. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat kesimpulan ialah ....
a. bahasa dan pilihan kata
b. bahasa dan intonasi
c. tema dan pilihan kata
d. amanat dan bahasa.

6. Hewan-hewan yang ada di kebun binatang biasanya tergolong langka atau hampir punah.
Salah satu pola binatang yang langka keberadaannya ialah rino bercula satu. Badak bercula satu terdapat di Ujung Kulon. Berdasarkan data, tingkat populasi rino bercula satu menurun drastis dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan cula rino mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga banyak pemburu mengambil cula tersebut. Kegiatan yang melanggar aturan tersebut mendorong pemerintah untuk melindungi keberadaan rino dengan membuka suaka rino yang terletak di Taman Nasional Ujung Kulon.

Kalimat utama pada paragraf tersebut ialah ....
a. Hewan-hewan yang ada di kebun binatang biasanya tergolong langka atau hampir punah.
b. Salah satu pola binatang yang langka keberadaannya ialah rino bercula satu. Badak
bercula satu terdapat di Ujung Kulon.
c. Berdasarkan data, tingkat populasi rino bercula satu menurun drastis dari tahun ke tahun.
d. Kegiatan yang melanggar aturan tersebut mendorong pemerintah untuk melindungi
keberadaan rino dengan membuka suaka rino yang terletak di Taman Nasional Ujung
Kulon.

7. Jenis paragraf tersebut menurut letak gagasan utamanya ialah ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. narasi

8. Berdasarkan paragraf tersebut, penyebab rino bercula satu menjadi binatang langka ialah ....
a. Badak bercula satu sulit berkembang biak.
b. Banyak orang yang memelihara rino bercula satu secara ilegal.
c. Pemerintah ingin mendirikan suaka marga satwa rino bercula satu.
d. Banyak pemburu yang mengambil cula rino lantaran nilai jualnya tinggi.

9. Cara menarik kesimpulan dengan memberikan gagasan utama lalu diikuti oleh gagasan-gagasan khusus sebagai penjelas dan diakhiri oleh gagasan utama sebagai penegas disebut simpulan secara ....
a. kognitif-deduktif
b. deduktif-induktif
c. induktif
d. deduktif

10. Kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat ialah ....
a. judul
b. wangsit pokok
c. alenia
d. paragraf

11. Laporan pengamatan dibentuk sehabis melaksanakan ....
a. penelitian
b. wisata
c. observasi
d. wawancara

12. Bacalah paragraf berikut!
Perubahan lingkungan sanggup terjadi lantaran proses alamiah dan sebagai jawaban dari ulah
manusia. Perubahan lingkungan yang disebabkan proses alamiah, contohnya gunung meletus. perubahan musim, serta pergantian siang dan malam. Adapun perubahan lingkungan lantaran acara manusia, contohnya perburuan hewan, penebangan hutan, pembangunan jalan, dan pembangunan bendungan. Perubahan lingkungan menimbulkan perubahan jumlah individu yang menempati suatu kawasan tertentu sehingga muncul istilah binatang dan flora langka atau mendekati kepunahan.

Simpulan isi paragraf tersebut ialah ....
a. Proses terjadinya binatang langka di bumi.
b. Hewan langka terjadi lantaran ulah insan terhadap alam.
c. Manusia bertanggung jawab atas kelangkaan binatang di sekitarnya.
d. Perubahan jumlah individu terjadi lantaran proses alamiah dan jawaban ulah manusia.

13. Saat memberikan laporan pengamatan secara verbal harus memperhatikan ....
a. lisan
b. lafal
C. intonasi
d. lafal dan intonasi

14. Pada teks laporan hasil pengamatan di serpihan aspek-aspek yang dilaporkan, berisi klarifikasi secara rinci mengenai ....
a. hasil pengamatan
b. informasi yang disampaikan menurut hasil pengamatan.
c. kesimpulan
d. langkah kerja

15. Berikut ini tidak termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan pengamatan ialah ....
a. hal-hal yang disukai pengamat
b. tempat dan tanggal pengamatan
c. deskripsi
d. objek pengamatan

16. Di dalam sebuah paragraf sudah tentu terdapat pokok pikiran yang mendasari pengembangan paragraf tersebut. Hal tersebut dinamakan ....
a. wangsit pokok
b. kalimat utama
c. kalimat penjelas
d. gagasan pengembang

17. Hal berikut ini yang sanggup membantu dalam membuat kesimpulan isi teks ialah ....
a. gagąsan penjelas
b. gagasan utama
b. Jumlah kalimat
d. kalimat penjelas

18. Berikut ini yang tidak perlu diperhatikan dalam menarik suatu kesimpulan ialah ....
a. memakai bahasa lugas
b. memahami seluruh materi
c. pendapat disertai alasan
d. membaca materi sekilas

19. Bacalah kutipan teks berikut!
Lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang ada di sekitar insan dan bekerjasama timbal balik. Lingkungan hidup ini meliputi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makan dan berkembang biak mirip manusia, binatang,dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, udara, batu, dan api. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu sanggup membuat masyarakat yang sehat, aman, dan tentram lahir, maupun batin.
Simpulan dari kutipan diatas ialah ....
a. Lingkungan hidup baik benda mati maupun benda hidup.
b. Benda hidup perlu makan sedangkan benda mati tidak.
c. Benda hidup mirip manusia, hewan, dan tumbuhan. Benda mati ialah tanah,air, api, batu, dan udara.
d. Lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang ada disekitar kita dan berhubungan
timbal balik. Lingkungan hidup meliputi benda mati dan benda hidup.

20. Hal-hal berikut ini yang tidak termasuk cara membuat ringkasan yang baik ialah ....
a. membaca bacaan dengan cermat
b. memilih objek pengamatan penting
c. mencatat hal-hal penting dari bacaan
d. menulis menurut hal-hal penting

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Gagasan atau wangsit yang menjadi dasar penulisan suatu paragraf disebut ........................
2. Intisari dari sebuah bacaan disebut ......................................................................................
3. Kesimpulan sanggup disampaikan dalam bentuk ........................................................................
4. Pokok pikiran dalam suatu dongeng disebut .....................................................................................
5. Kalimat utama ada di dalam setiap ..............................................................................................
6. Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Manfaat jeruk nipis ternyata sangat banyak. Jeruk nipis sanggup dipakai untuk obat batuk alami. Selain itu, jeruk nipis juga sanggup menjadi minuman yang menyegarkan. Jeruk nipis dimanfaatkan juga sebagai bumbu dapur. Makara ternyata banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk manusia.
Gagasan utama paragraf tersebut ialah ........................................................................
7. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf tersebut termasuk jenis ...........................
8. Pada paragraf deduktif, kalimat utama terletak di ..............................................................
9. Simpulan dengan cara memberikan beberapa pikiran/pendapat yang bersifat khusus diakhiri oleh gagasan utama sebagai inti dari pendapat atau simpulan disebut .............................................
10. Nama lain dari simpulan deduktif-induktif ialah simpulan...............................................
11. Teks laporan hasil pengamatan ditulis berdasarkan............................................................
12. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan final paragraf disebut......................
13. Bacalah teks bacaan berikut!
Gajah ialah mamalia darat terbesar yang masih hidup Gajah berkembang biak dengan cara melahirkan dari masa kehamilan kurang lebih 22 bulan. Gajah termasuk dalam kategori binatang herbivora. Meskipun binatang besar, gajah ialah binatang perenang yang handal. Gajah memakan rumput, dedaunan, ranting, akar, buah, benih, dan bunga.
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah...................................................................................
14. Kesimpulan dalam sebuah paragraf disebut juga ..............................................................
15. Simpulan secara deduktif ialah simpulan dengan cara memberikan gagasan utama lalu diikuti beberapa gagasan lain sebagai ....................................................................
16. Teks yang dibentuk sehabis melaksanakan acara pengamatan terhadap suatu objek tertentu
disebut ..........................................................

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18 !
Buaya merupakan pola binatang yang sering diburu untuk dimanfaatkan kulitnya sehingga
populasi buaya makin berkurang. Sekarang ini, buaya sudah sanggup dibudidayakan manusia. Ada beberapa peternak ayam yang juga mempunyai penangkaran buaya. Ayam-ayam yang sakit atau mati diberikan kepada buaya sebagai makanannya. Dengan demikian, selain mengurangi polusi limbah ayam, cara tersebut juga memperlihatkan laba bagi kita berupa kulit buaya.
17. Berdasarkan paragraf tersebut, objek yang diamati ialah ...................................................
18. Kalimat utama dalam paragraf tersebut ialah ....................................................................
19. Bahasa yang dipakai dalam laporan pengamatan yaitu ...................................................
20. Laporan pengamatan sanggup dilakukan secara.......................................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar !
1. Di mana saja letak kalimat utama suatu paragraf sanggup diletakkan?
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

2. Bagaimana cara membuat kesimpulan isi bacaan?
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

3. Sebutkan pilihan kata yang dipakai di awal menulis suatu kesimpulan!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

4. Buatlah sebuah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada final paragraf!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

5. Sebutkan langkah-langkah mengidentifikasi wangsit pokok dalam sebuah paragraf!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

6. Jelaskan mengenai menyimpulkan isi teks!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

7. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menarik kesimpulan!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

8. Jelaskan wacana simpulan secara deduktif!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!

Hamster ialah salah satu dari jenis binatang pengerat mirip marmut, tetapi memiliki
ukuran bentuk badan yang lebih mungil. Hewan lucu ini mempunyai badan agak gempal dengan
ukuran ekor yang lebih pendek. Bagian telinganya berbulu agak lebat, sehingga menyerupai
rambut. Bagian kaki binatang ini agak melebar dan pendek. Hamster mempunyai bulu yang cukup
tebal dan lebat. Pada bulu-bulunya terdapat warna-warna unik yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya mirip hitam, abu-abu, cokelat, kuning, putih, dan abu-abu. Beberapa jenis hamster yang terkenal di kalangan pecinta hewan, antara lain ialah hamster dzungaria atau hamster winter white, hamster cricetulus barabensis atau si kerdil bergaris, dan hamster phodopus atau si kerdil padang pasir. Hamster tergolong binatang nokturnal yang senantiasa aktif di malam hari. Namun, terkadang ia juga aktif di awal pagi dan final sore. Selebihnya, hamster lebih banyak tidur di siang hari.

9. Tuliskan kalimat utama paragraf tersebut!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................


10. Buatlah simpulan dari paragraf tersebut!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

11. Jelaskan yang kau ketahui wacana menyimpulkan isi paragraf!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

12. Sebutkan hal-hal yang perlu dipahami wacana sebuah kesimpulan!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Muncul kekhawatiran, jikalau buaya terus menerus diburu, maka populasinya di alam liar bakal terganggu. Ekosistem pun jadi ikut terpengaruh. Maka, penangkaran buaya demi ketersediaan materi kerajinan khas Merauke ini dinilai perlu segera terwujud. Pemerintah diperlukan juga sanggup ikut membantu. "Kita sih ingin pemerintah sanggup membantu membikin tempat penangkaran yang benar-benar khusus untuk pengrajin lantaran kerajinan inilah yang ditonjolkan di kota kita. Cuma, kita kini tidak memakai penangkaran," kata Viki Pratama.
Viki kini memang memelihara 10 ekor buaya di rumahnya. Namun, dinyatakannya bahwa ini bukanlah penangkaran melainkan sekadar peliharaan saja kecuali memang jikalau ukurannya sudah layak untuk dimanfaatkan suatu dikala nanti, Dia juga memperlihatkan bahwa buaya tersebut berjenis buaya rawa dan buaya air asin.

13. Berdasarkan teks, cara apa yang sanggup dilakukan untuk melestarikan buaya?
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

14. Buatlah kesimpulan dari isi teks tersebut!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

15. Jelaskan cara memberikan laporan hasil pengamatan?
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

16. Jelaskan perbedaan paragraf induktif dan paragraf deduktif!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

17. Buatlah sebuah paragraf deduktif wacana flora langka!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

18. Bagaimana cara menemukan wangsit pokok suatu bacaan atau teks?
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

Bacalah teks pengamatan di bawah ini untuk soal nomor 19 dan 20!
Indonesia merupakan negara yang mempunyai sumber daya alam yang banyak. Salah satu sumber daya alam tersebut ialah tumbuhan. Di Indonesia, kita masih sanggup menjumpai flora langka yang harus kita dilestarikan. Tumbuhan langka di Indonesia terancam punah. Kepunahan flora tersebut sanggup terjadi lantaran faktor penebangan liar, perubahan iklim, serta acara lain yang sanggup merugikan hutan.

19. Tentukan pokok yang terdapat pada bacaan di atas!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

20. Buat kesimpulan dari bacaan tersebut!
Jawab : ................................................................................................................................
............................................................................................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. c. kalimat utama
2. a. kalimat utama
3. a. Lemak ialah salah satu kandungan utama dalam makanan
4. a. Membaca sebagian kalimat dalam paragraf secara sekilas.
5. a. bahasa dan pilihan kata
6. a. Hewan-hewan yang ada di kebun binatang biasanya tergolong langka atau hampir punah.
7. a. deduktif
8. d. Banyak pemburu yang mengambil cula rino lantaran nilai jualnya tinggi.
9. d. deduktif
10. b. wangsit pokok
11. a. penelitian
12. d. Perubahan jumlah individu terjadi lantaran proses alamiah dan jawaban ulah manusia.
13. d. lafal dan intonasi
14. b. informasi yang disampaikan menurut hasil pengamatan.
15. a. hal-hal yang disukai pengamat
16. a. wangsit pokok
17. b. gagasan utama
18. d. membaca materi sekilas
19. d. Lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang ada disekitar kita dan bekerjasama timbal balik. Lingkungan hidup meliputi benda mati dan benda hidup.
20. b. memilih objek pengamatan penting

Kunci Jawaban Room II

1. wangsit pokok
2. simpulan
3. ringkasan
4. tema
5. paragraf
6. Manfaat jeruk nipis ternyata sangat banyak
7. paragraf deduktif
8. awal paragraf
9. simpulan induktif
10. campuran
11. penelitian/ objek yang diamati
12. paragraf campuran
13. Gajah ialah binatang herbivora
14. wangsit pokok paragraf
15. kalimat penjelas
16. teks hasil observasi
17. buaya
18. Buaya merupakan pola binatang yang sering diburu
19. singkat , padat , baku , dan jelas
20. tertulis

Kunci Jawaban Room III

1. di awal, di tengah, dan di final paragraf
2. Bacalah secara intensif seluruh bacaan dari awal hingga akhir, tentukan wangsit pokok dari masing-masing paragraf pada teks bacaan, simpulkan isi bacaan menurut wangsit pokok seluruh paragraf.
3. Pilihan kata yang dipakai di awal menulis suatu kesimpulan ialah kata jadi
4. Setiap hari pulang larut malam. Setiap kali diberi nasehat tak pernah dihiraukan. Dan kini Andi mulai berani bersikap garang pada ibunya. Sikap itulah yang membuat Bu Darmi sedih.
5. membaca teks secara keseluruhan, carilah kalimat utama dari teks, wangsit pokok dpt dijumpai pada kalimat utama
6. mengambil intisari dari teks
7. mengambil intisari atau pokok dari paragraf awal hingga akhir
8. cara mengambil simpulan dari pernyataan yang bersifat umum diikuti oleh uraian atau pernyataan yang bersifat khusus
9. Hamster ialah binatang pengerat mirip marmut, tetapi ukuran bentuk badan lebih mungil.
10. Hamster ialah mirip marmut yang aktif di malam hari
11. mencari intisari/ pokok dari paragraf
12. dengan menimbulkan gagasan utama sebagai dasar atau aliran dalam merumuskan kesimpulan
13. membikin tempat penangkaran
14. Agar popuasi buaya tidak terganggu maka pemerintah diperlukan sanggup membantu membuat penangkaran
15. memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta santun. Laporan harus menurut fakta atau benar-benar terjadi bukan hasil karangan sendiri
16. Paragraf deduktif ialah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf.
Paragraf induktif ialah paragraf yang kalimat utamanya ada di final paragraf.
17. Tumbuhan langka ialah flora yang persebarannya mulai berkurang dan semakin menghilang di dunia. Tumbuhan jenis ini biasanya mempunyai karakteristik yang sulit dikembangbiakkan dan media pertumbuhan yang sangat spesifik. Sebenarnya jenis flora ini sanggup kita kategorikan di banyak sekali belahan dunia dan di Indonesia.
18. dengan menemukan kalimat utama
19. flora langka di Indonesia
20. Di Indonesia, kita masih sanggup menjumpai flora langka yang harus kita dilestarikan.

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

Note: Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih

Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019

Sekianlah artikel Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Soal Pts / Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru 2019 dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2020/03/soal-pts-uts-bahasa-indonesia-kelas-6.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel