Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test

Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test
link : Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test

Baca juga


Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test

Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test


Pada ketika kita mempelajari Bahasa Inggris, kita diharuskan mempelajari empat skill yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing.
Keempat skill tersebut dipelajari secara berurutan sebagaimana kita berguru bahasa secara alami ketika kita berguru bahasa ibu.


Saat gres lahir kita hanya gres sanggup mendengarkan kata-kata yang diucapkan oleh ibu kita, lambat laun pun kita mulai memahami apa yang diucapkan oleh ibu kita, itulah ketika dimana kita mulai berguru skill bahasa pertama yaitu listening.

Kemudian seiring waktu berlalu kita mulai berguru mengucapkan dan menirukan kata-kata yang diucapkan ibu kita, mungkin awalnya gres sebatas menirukan, tapi usang kelamaan kita mulai mengucapkan kata-kata sesuai dengan kebutuhan kita. Itulah ketika dimana kita mulai berguru keterampilan berbicara / Speaking.

Semakin beranjak dewasa, ketika kita sudah sanggup memakai bahasa sesuai dengan kebutuhan kita, kita memakai bahasa tersebut untuk memberikan pesan, perasaan, dan kebutuhan kita.

Setelah kita mencapai tahap tersebut gres kita akan mulai berguru keterampilan bahasa selanjutnya yaitu keterampilan membaca / Reading skill.
Kita akan mulai berguru memahami pesan dalam bentuk tulisan, biasanya skill reading mulai dipelajari ketika kita sudah mencapai usia sekolah.

Tahap terakhir dalam urutan pembelajaran bahasa ialah berguru keterampilan menulis / Writing skill.
Tahap ini mulai kita pelajari ketika kita sudah menguasai tiga skill sebelumnya, alasannya skill ini tidak hanya sekedar memberikan pesan-pesan sederhana kepada orang lain, tapi sudah hingga pada memberikan gagasan / isi pikiran kita kepada orang lain.

Setelah menguasai keempat skill tersebut seseorang gres sanggup dikatakan telah menguasai suatu bahasa dengan baik.

Dari klarifikasi di atas kita sanggup memahami bahwa meskipun keterampilan Listening dipelajari pertama kali, dan itu dianggap skill yang paling gampang dalam mempelajari suatu bahasa, akan tetapi kenyataan yang terjadi ialah banyak dari pembelajar bahasa gila justru menganggap skill listening cukup sulit. Hal tersebut juga menjadi sesuatu yang ditakuti ketika mengikuti test bahasa ibarat TOEFL, Ujian Nasional, TOEIC, dsb.

Hal tersebut terjadi alasannya kita tidak berada di lingkungan di mana bahasa tersebut dipakai. Sehingga pembelajaran bahasa memang tidak terjadi secara alami dan berurutan sebagaimana kita berguru bahasa ibu.
Pada karenanya skill listening yang bekerjsama pertama kali dipelajari, dianggap sebagai salah satu skill yang sulit dikuasai. 

 Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test


Tips menguasai listening skill


Tidak ada cara khusus untuk mempelajari skill Listening, alasannya penguasaan skill tersebut bekerjsama terjadi secara alami seiring kita sering mendengar kata-kata yang diucapkan oleh seseorang disekitar kita.

Lalu bagaimana dengan cara mempelajari skill listening sedangkan kita tidak berada di lingkungan di mana Bahasa Inggris itu digunakan sebagai bahasa sehari-hari?
Caranya ialah dengan membiasakan diri mendengarkan aneka macam ucapan dalam Bahasa Inggris.

Ada aneka macam cara yang sanggup kita lakukan, cara-cara sederhana ibarat mendengarkan lagu bahasa inggris, menonton film yang memakai bahasa inggris, atau bermain game berbahasa inggris.
Itu semua merupkan cara-cara yang sanggup kita lakukan biar kita terbiasa dengan ucapan-ucapan Bahasa Inggris.

Selain cara-cara tersebut, ada salah satu cara yang juga efektif dalam menguasai skill listening, cara tersebut ialah dengan memperbanyak pembendaharaan kosa kata kita.

Semakin banyak kosa kata yang kita ketahui, akan semakin gampang kita dalam memahami sebuah percakapan Bahasa Inggris yang kita dengar, alasannya dengan mengetahui banyak kosa kata, kita akan lebih banyak mengenali kata-kata apa yang sedang kita dengar.

Ada kalanya ketika kita sudah banyak mengetahui vocabulary / kosa kata kita masih merasa sulit ketika memahami percakapan yang kita dengar. Hal tersebut mungkin saja terjadi alasannya intinya dalam Bahasa Inggris apa yang ditulis berbeda dengan apa yang dibaca. Selain itu aksen dan dialek juga mempengaruhi tingkat kesulitan dalam memahami percakapan Bahasa Inggris yang kita dengar.

Mendengarkan lagu sambil melihat lirik lagu tersebut, atau menonton film sambil melihat subtitle film tersebut merupakan salah satu cara yang sanggup membantu kita untuk lebih mengenali bagaimana suatu kata dilafalkan. Pada karenanya semakin sering kita melaksanakan hal tersebut kita secara alami akan secara otomatis mengenali kosa kata yang diucapkan.

Itulah beberapa cara sederhana yang sanggup kita lakukan untuk membantu dalam meningkatkan skill listening kita.

Selanjutnya bagaimana dengan tips pada ketika kita menghadapi test listening?



Tips menghadapi listening test


Saat mengikuti test, tingkat kesulitan yang kita hadapi niscaya akan sangat berbeda dengan ketika dimana kita mencoba memahami percakapan sehari-hari.
Faktor-faktor yang menambah kesulitan ketika kita mengikuti listening test ialah ibarat kualitas bunyi dari audio, intonansi serta kecepatan percakapan yang mungkin berbeda dengan percakapan yang kita dengar secara pribadi dari seseorang.

Terlepas dari itu semua kita sanggup mensiasati dalam menghadapi listening test tersebut, beberapa hal yang sanggup kita lakukan sebagai salah satu tips dalam menghadapi test listening adalah:

1. Sebelum test dimulai usahakan anda sudah merasa nyaman dan siap menghadapi test tersebut, jauhkan hal-hal yang sanggup mengacaukan fokus kita terhadap audio yang diperdengarkan.
Listening test membutuhkan fokus yang baik. Saat fokus kita sudah terganggu kita akan sulit menangkap informasi-informasi penting dari audio yang diperdengarkan.


2. Jangan pernah membaca script soal bersamaan dengan waktu rekaman percakapan diperdengarkan, hal ini akan menciptakan fokus kita terpecah antara memahami apa yang sedang kita baca atau berusaha menangkap point penting dari apa yang kita dengar.


3. Hal yang sebaiknya kita lakukan ialah melihat sekilas script soal sebelum rekaman percakapan diperdengarkan, kita sanggup memakai jeda beberapa detik dari rekaman percakapan untuk melihat sekilas script soal tersebut.


4. Kalau test listening yang dihadapi berupa melengkapi sebuah teks, usahakan ketika kita melihat script soal, kita juga fokus pada audio yang diperdengarkan sambil mengikuti bab mana yang sedang berjalan dari audio tersebut.


5. Pahami isi percakapan dengan cara mencari kata kuncinya.
Kata kunci yang mungkin muncul seperti: restaurant, school, office, library, park, shop, airport, station, university, time, place, someoene, dsb.
Kata kunci yang digunakan biasanya berkaitan dengan topik yang sedang dibicarakan. 


6. Usahakan kita mengetahui topik yang sedang dibicarakan dalam rekaman percakapan yang diperdengarkan.


7. Kalau kita sudah sanggup mengetahui topik yang sedang dibicarakan, kita sanggup mencoba mencari tahu hal yang lebih spesifik lagi yaitu mencari tahu pandangan gres utama dari percakapan yang diperdengarkan.


8. Cari tahu juga siapa yang terlibat dalam percakapan tersebut, ada berapa orang dalam perkapan tersebut dan siapa saja nama orang tersebut jikalau memang disebutkan namanya.


9. Kapan dan dimana percakapan itu terjadi juga merupakan isu yang harus kita ketahui, alasannya hal ini juga sering ditanyakan dalam beberapa test listening.


10. Apabila dalam percakapan disebutkan infromasi berupa angka ibarat tanggal, waktu, jumlah dari sesuatu, usahakan kita juga mengingat isu tersebut, alasannya itu merupakan salah satu isu yang memiliki peluang bersar untuk ditanyakan.


11. Selanjutnya apabila kita terlanjur kehilangan informasi-informasi penting dari percakapan yang diperdengarkan, sehingga kita masih kesulitan dalam menjawab pertanyaanmya, sebaiknya kita tidak terus fokus pada pertanyaan tersebut alasannya audio yang diperdengarkan mungkin akan terus berlanjut pada nomor soal selanjutnya, sehingga pada karenanya kita akan kehilangan informasi-informasi lain dari soal berikutnya.


Itulah beberapa tips yang sanggup kita lakukan pada ketika kita menghadapi listening test.



Demikianlah Artikel Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test

Sekianlah artikel Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menguasai Dan Menghadapi Listening Test dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2020/02/tips-menguasai-dan-menghadapi-listening.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel