Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap

Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap
link : Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap

Baca juga


Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap

Pengertian sejarah berdasarkan para hebat lengkap yaitu pokok pembahasan materi pelajaran sejarah yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Pengertian sejarah secara umum yaitu sejarah sebagai peristiwa, seni, silsilah, asal undangan kisah kejadian kejadian yang terjadi pada masa lalu.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar pengertian ilmu sejarah yakni konsep dasar sejarah, pengertian sejarah berdasarkan bahasa, pengertian sejarah berdasarkan Herodotus, KBBI, Ibnu Khaidun, R.G Colling Wood, Muhammad Yamin, Sartono Kartohardjo dan R Mohammad Ali.

Pengertian sejarah

Pengertian sejarah secara etimotologis berasal dari bahasa Arab yakni “Syajaratun” yang mempunyai arti pohon, yang kemudian kata tersebut diserap kedalam bahasa melayu dan penyebutannya bermetamorfosis “Syajarah” dan didalam bahasa Indonesia penyebutannya menjadi sejarah. Sejarah adalah suatu asal usul, keturunan atau silsilah kejadian atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau.

Pengertian sejarah berdasarkan para hebat lengkap Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Sejarah

Adapun dalam bahasa inggris, kata sejarah disebut dengan “History” yang berasal dari bahasa Yunani yakni “Istoria” dengan arti informasi atau pencarian dan dalam bahasa Belanda disebut dengan “Geschie Denis” yang artinya hampir sama saja yakni ihwal sesuatu yang telah terjadi. Konsep sejarah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memperlihatkan pengertian bahwa definisi sejarah yaitu sebagai berikut dibawah ini :

1. Asal-usul, keturunan atau silsilah.
2. Kejadian atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo.
3. Pengetahuan atau uraian ihwal kejadian atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Definisi sejarah berdasarkan para ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian sejarah, definisi sejarah, arti sejarah, makna sejarah serta teori konsep sejarah berdasarkan para hebat yang sanggup kalian ketahui sebagai berikut.

Heredotus (484-425 SM)
Heredotus mendefinisikan sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus kedepan dengan tujuan yang pasti, akan tetapi bergerak melingkar yang tinggi dan rendahnya bundar disebabkan oleh keadaan insan itu sendiri.

Ibnu Khaidun (1332-1406 M)
Ibnu Khaidun mendefinisikan sejarah sebagai catatan ihwal insan dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan secara konkret dengan segala lantaran dan akibatnya.

R.G Colling Wood (1889-1943)
R.G Colling Wood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan ihwal hal-hal yang telah dilakukan insan pada masa yang lampau.

Muhammad Yamin (1903-1962)
Muhammad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari banyak sekali kejadian yang sanggup dibuktikan. Dengan demikian sejarah yaitu suatu ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari banyak sekali kejadian atau kejadian penting yang telah terjadi dalam kehidupan insan pada masa kemudian yang sanggup dibuktikan.

Sartono Kartohardjo (1921-2007 M)
Sartono Kartohardjo mendefinisikan sejarah pada hakikatnya dibatasi oleh dua hal, yakni sejarah dalam arti objektif dan subjektif. Sejarah objektif yaitu sejarah yang memperlihatkan kejadian atau kejadian itu sendiri. Sedangkan sejarah subjektif yaitu sejarah yang dipengaruhi oleh emosi dan pikiran sejarawan atau penulis sejarah ihwal suatu peristiwa.

R Mohammad Ali
R Mohammad Ali mendefinisikan sejarah sebagai berikut dibawah ini :
1. Sejarah yaitu keseluruhan perubahan, kejadian, kejadian dan kenyataan yang memang benar-benar terjadi disekitar kita.
2. Sejarah merupakan kisah ihwal perubahan-perubahan itu sendiri.
3. Sejarah yaitu ilmu yang memeriksa ihwal perubahan-perubahan kejadian atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


Demikian pembahasan mengenai pengertian sejarah berdasarkan para hebat lengkap. Semoga bermanfaat serta sanggup dijadikan sebuah tumpuan informasi yang sanggup membantu kalian dalam mengetahui apa itu sejarah, pengertian sejarah, definisi sejarah, arti sejarah, makna sejarah serta teori konsep sejarah berdasarkan para hebat lengkap.


Demikianlah Artikel Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap

Sekianlah artikel Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Hebat Lengkap dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/pengertian-sejarah-berdasarkan-para.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel