Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah

Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Seni dan Budaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah
link : Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah

Baca juga


Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah

Jenis karya seni teater kawasan menurut asal wilayahnya yaitu pembahasan utama bahan pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai karya seni teater menurut asal daerahnya didalam berguru seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Teater kawasan Jawa Barat.
2. Teater kawasan Jawa Tengah.
3. Teater kawasan Jawa Timur.
4. Teater kawasan Bali.

Pada tiap-tiap kawasan atau wilayah yang ada di Indonesia memiliki karya seni teater kawasan masing-masing yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Karya seni teater kawasan merupakan karya yang berasal dari kreativitas para seniman didaerah, maka dari itu jenis drama (teater) yang ada pada setiap kawasan memiliki nama tersendiri.
Jenis karya seni teater kawasan menurut asal daerahnya Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah
Baca juga : Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Karya seni teater menurut asal daerahnya

Dibawah ini terdapat beberapa jenis-jenis karya seni teater menurut dari asal daerahnya, apa saja nama-nama karya seni teater tersebut akan disebutkan satu persatu sebagai berikut :

→ Teater kawasan Jawa Barat
1. Ogel
Ogel yaitu sebuah teater (drama) lelucon santai mengenai kehidupan manusia. Adapun pementasan drama atau teater ogel ini biasanya di-iringi dengan jenis musik kendang, musik terompet dan juga musik angklung.

2. Longser
Longser yaitu sebuah teater (drama) yang berunsur tari, pencak silat dan lelucon mengenai kehidupan manusia. Adapun pementasan drama atau teater longser ini biasanya di-iringi dengan jenis musik gamelan dan berkembang di kawasan Conggang serta Sumedang.

3. Bonjet
Bonjet yaitu sebuah teater (drama) yang unsur bentuk serta isi ceritanya menyerupai dengan longser. Adapun pementasan drama atau teater bonjet ini biasanya di-iringi dengan jenis musik kendang, rebab, kecruk serta kromong dan sering dipentaskan di kawasan Cikampek dan Karawang.

4. Topeng Cirebon
Topeng Cirebon yaitu sebuah teater (drama) dimana para pemain drama pemainnya menggunakan topeng serta memperagakan gerak menyerupai drama tari yang mengikuti ungkapan isi kisah Menak, Ramayana dan Mahabharata yang diceritakan oleh seorang dalang.

5. Angklung badut
Angklung badut yaitu sebuah teater (drama) dimana para pemain drama pemainnya memasuki panggung satu persatu dengan busana yang sederhana dan di-iringi dengan jenis musik tong-tong serta bentuknya menyerupai reog. Adapun kisah lelucon dari teater atau drama angklung badut yaitu seputar wilayah kawasan tersebut dan bukan kritik tajam.

→ Teater kawasan Jawa Tengah
1. Ketoprak
Ketoprak yaitu adalah sebuah teater (drama) yang menyajikan olah vokal, gerak tari, nyanyian dan tugas lakon cerita. Pada awal pementasan, teater ketoprak menampilkan potongan babak dengan cara keliling dan di-iringi kentungan bambu serta lesung. Setelah itu akan dipentaskan dengan utuh serta tata panggung yang baik dan juga di-iringi dengan jenis musik gamelan.

Pada karya seni teater atau drama ketoprak, terdapat seni peran, vokal dan juga gerak tari. Dan pada penggalan nyanyian, pemain drama pemain mendapat sumbangan dari waranggono atau sinden serta para niyaga atau penabuh gamelan.

2. Wayang orang
Wayang orang yaitu sebuah teater (drama) yang menyajikan serta mempentaskan berupa kisah pewayangan yang berasal dari kitab Ramayana dan juga kitab Mahabharata.

3. Srandul
Srandul yaitu sebuah teater (drama) yang mengisahkan dan menyajikan wacana kisah Menak. Para pemain drama pemainnya berbusana menyerupai orang Arab atau Turki dan di-iringi dengan jenis musik gamelan, rebana, kecrek dan trompet. Terdapat juga bunyi kentungan dan kecrek pada adegan ke adegan lainnya.

→ Teater kawasan Jawa Timur
Ludruk yaitu sebuah teater (drama) yang menyajikan kisah yang berasal dari sejarah, dongeng, legenda dan atau wacana para warok, pahlawan khas dari Jawa Timur yang sakti mandraguna. Pada pementasan drama teater ini, selalu diawali dengan tarian ngremo.

→ Teater kawasan Bali
1. Kecak
Kecak yaitu sebuah teater (drama) yang menyajikan kisah dari Ramayana, dimana para penari duduk melingkar serta membutuhkan beberapa tokoh pemain yakni Rama Wijaya, Dewi Sinta, Rahwana, Kumbakarna, Wibisana, Indrajit, Laksamana dan Hanoman. Adapun pementasan drama atau teater kecak ini biasanya di-iringi dengan jenis musik gamelan Bali dan diiringi “cak-cak-cak”.

2. Arja
Arja yaitu sebuah teater (drama) yang menyajikan kisah dengan menggunakan gerak tari dan tembang atau vokal bahasa Bali yang digayakan dengan tema kisah yang majemuk yang sanggup mengambil kisah dari permasalahan masa kini. Arja adalah wayangnya orang bali dan para pemain drama pemain Arja yaitu penari yang dibedakan dari mahkota dan prada kain atau kampuhnya dengan berbusana serta tata riasnya menggunakan corak Bali.

Adapun pementasan drama atau teater Arja ini biasanya di-iringi dengan jenis musik gamelan Bali. Dan pada penggalan perpindahan adegan demi adegan di pimpin oleh seorang pengendang yang juga merangkap sebagai seorang dalang. Saat ini telah banyak hotel berbintang yang ada di Bali yang mendirikan di halaman hotelnya tempat pertunjukan menyerupai Arja, Barong serta tarian lainnya.

3. Barong
Barong yaitu sebuah teater (drama) yang menyajikan dan mengisahkan kisah kejahatan melawan kebaikan, kisah dari calon arang, yakni legenda Jawa Timur dan Bali. Para pemain drama pemainnya sebagian menggunakan topeng, dan tokoh-tokoh didalamnya yakni Leak atau rangda yaitu tokoh yang kejam (tukang sihir) dan kemudian barong yaitu tokoh yang baik berwajah singa.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis karya seni teater daerah.


Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah

Sekianlah artikel Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Karya Seni Teater Daerah dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/jenis-jenis-karya-seni-teater-daerah.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel