5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia

5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Contoh Soal Dan Jawaban, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia
link : 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia

Baca juga


5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia

5 Soal dan tanggapan wacana masuknya agama Islam di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada rujukan soal pelajaran sejarah sebagai berikut dibawah ini. Pada rujukan soal-soal sejarah dibawah ini, akan diuraikan dan dibahas lengkap beserta dengan jawabannya masing-masing yang mencakup jelaskan secara ringkas tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia, sebutkan dan jelaskan 2 bukti yang mendukung teori Gujarat, jelaskan latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia, apa yang dimaksud dengan tasawuf dan sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam sanggup diterima di Indonesia.

Sehingga dengan demikian, banyak sekali rujukan soal yang sudah dilengkapi dengan jawabannya ini sanggup membantu bagi kalian yang kesulitan didalam mencari kunci tanggapan soal materi pelajaran sejarah wacana proses masuknya agama Islam di Indonesia menyerupai yang telah disebutkan diatas. Semoga uraian dibawah ini bermanfaat untuk kita semua dalam meraih kesuksesan dalam belajar.

#5 Soal dan tanggapan bahan pelajaran sejarah mengenai proses masuknya agama Islam di Indonesia

Dibawah ini akan disebutkan beberapa soal bahan sejarah wacana tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia, dua bukti yang mendukung teori Gujarat, latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia, apa itu tasawuf dan faktor-faktor yang menyebabkan Islam sanggup diterima di Indonesia lengkap dengan kunci jawabannya yang diantaranya ialah menyerupai berikut ini.

 Soal dan tanggapan wacana masuknya agama Islam di Indonesia 5 Soal Dan Jawaban Tentang Masuknya Agama Islam Di Indonesia
5 Soal Dan Jawaban Tentang Masuknya Agama Islam Di Indonesia

1. Jelaskan secara ringkas tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia !
Jawabannya ialah tiga teori mengenal proses masuknya agama Islam ke Indonesia yakni diantaranya ialah sebagai berikut dibawah ini.

a. Teori Gujarat
Menurut teori ini, agama Islam masuk ke Indonesia pada era yang ke-13 yang didukung oleh Sriouck Hurgronje, W.F Suttherhum dan B.H.M Viekke.
b. Teori Mekkah
Menurut teori ini, agama Islam dibawa pribadi oleh pedagang Arab yang didukung oleh Buya Hamka dan J.C Van Leur.
c. Teori Persia
Menurut teori ini, agama Islam dibawa masuk oleh orang-orang Persia pada sekitar era yang ke-13 yang didukung oleh Hoeseln Djajaningrat.

2. Sebutkan dan jelaskan 2 bukti yang mendukung teori Gujarat !
Jawabannya ialah dua (2) bukti yang mendukung teori Gujarat yakni diantaranya ialah sebagai berikut dibawah ini.

a. Batu nisan Sultan Malik Al-Saleh dan Sultan Samudra Pasai (wafat tahun 1297) yang bercorak Gujarat.
b. Tulisan dari Marco Polo yang merupakan seorang pedagang yang berasal dari Venesia yang pernah singgah di Periak pada tahun 1292 M, dia bertemu dengan orang-orang yang telah menganut agama Islam di wilayah tersebut.

3. Jelaskan latar belakang masuknya Islam (Agama Islam) ke Indonesia !
Jawabannya ialah latar belakang masuknya agama Islam ke Indonesia yakni diantaranya ialah terbagi menjadi dua lantaran sebagai berikut dibawah ini.

a. Sebab umum
- Para kaum pedagang memegang peranan yang penting didalam persebaran agama dan kebudayaan Islam.
- Letak posisi Indonesia yang sangat strategis menyebabkan timbulnya pangkalan perdagangan yang turut serta membantu didalam mempercepat persebaran agama.

b. Sebab khusus
- Terjadinya pembauran (pencampuran) antara para pedagang dari banyak sekali bangsa dan juga pembauran antara para pedagang dengan para penduduk setempat.
- Dengan adanya pembauran tersebut, kemudian terjadilah aktifitas saling memperkenalkan dan memberitahu wacana etika istiadatnya, budaya bahkan agama yang di anut.
- Tidak hanya kegiatan perdagangan, akan tetapi juga terjadinya asimilasi (pembauran dan kebudayaan) melalui pernikahan.

4. Apa yang dimaksud dengan tasawuf ?
Jawabannya ialah apa yang dimaksud dengan tasawuf yakni tasawuf merupakan suatu pedoman mengenai ketuhanan yang sudah bercampur dengan hal-hal yang gaib atau dengan kata lain berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya magis.

5. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam sanggup diterima di Indonesia !
Jawabannya ialah yang menjadi faktor utama penyebab agama Islam sanggup diterima di Indonesia yakni diantaranya ialah sebagai berikut dibawah ini.

a. Penyebaran agama Islam disebarkan dengan cara jalan damai.
b. Didalam agama Islam, tidak ada sistem kasta.
c. Didalam agama Islam, upacara ritual cukup sederhana.
d. Syarat seseorang kalau ingin masuk agama Islam amat mudah, cukup dengan mengucapkan kalimat syahadat yang dibantu oleh tokoh agama.
e. Penyebaran agama Islam menyesuaikan menurut kondisi sosial budaya yang sudah ada di masyarakat.
f. Mundurnya kerajaan besar yakni menyerupai Sriwijaya dan Majapahit.

Demikian contoh soal dan tanggapan tentang tiga teori proses masuknya agama Islam ke Indonesia, dua bukti yang mendukung teori Gujarat, latar belakang masuknya agama Islam ke Indonesia, apa itu yang dimaksud dengan tasawuf dan faktor penyebab agama Islam sanggup diterima di Indonesia. Semoga sanggup menjadi solusi bagi kalian yang sulit didalam mencari kunci tanggapan soal bahan pelajaran sejarah wacana masuknya agama Islam di Indonesia.


Demikianlah Artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia

Sekianlah artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Soal Dan Tanggapan Wacana Masuknya Agama Islam Di Indonesia dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/5-soal-dan-tanggapan-wacana-masuknya.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel