#4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya

#4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya
link : #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya

Baca juga


#4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya

#4 Jenis penyakit ginjal pada insan dan ciri-cirinya yakni pokok pembahasan materi biologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail dibawah ini. Ginjal adalah salah satu alat ekskresi yang berfungsi untuk mengeluarkan urine. Gangguan pada ginjal seringkali terjadi dikalangan masyarakat di usia enam puluh tahun ke atas dan perlu diketahui bahwa penyakit ginjal yang telah berlangsung usang akan menimbulkan gagal ginjal.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar peyakit ginjal yakni apa saja penyakit yang ada pada ginjal manusia, aneka macam penyakit ginjal yang sanggup terjadi pada manusia, apa saja penyebab penyakit pada ginjal, ciri-ciri penyakit pada ginjal serta cara mengatasi penyakit ginjal yang tentu saja akan simpel kalian pahami.

Penyakit pada ginjal

Dibawah ini terdapat beberapa penyakit yang sering terjadi pada ginjal manusia, adapun penyakit-penyakit tersebut diantaranya yakni sebagai berikut :

 Jenis penyakit ginjal pada insan dan ciri #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Manusia Dan Ciri-Cirinya
Jenis-jenis penyakit ginjal

1. Batu ginjal

Batu ginjal sanggup terjadi lantaran adanya pengendapan garam kalsium didalam rongga ginjal, kanal ginjal ataupun kandung kemih. Batu ginjal sanggup berupa kristal yang tidak sanggup larut dan mengundang kalsium oksalat, asam urat dan kristal kalsium fosfat. Adapun ciri-ciri penyakit watu ginjal yakni sebagai berikut :

- Sakit perut dan punggung
- Gejala flu
- Sering sakit ketika buang air kecil
- Penda instruksi ketika buang air kecil

Perlu diketahui bahwa penyakit watu ginjal ini tentu sanggup diatasi dengan cara pembedahan dan sinar laser.

2. Nefritis

Nefritis yakni suatu kerusakan yang terjadi didalam glomerulus yang telah disebabkan lantaran adanya bakteris streptococcus sp. Dengan rusaknya nefron tentu menimbulkan urine masuk kembali ke dalam darah dan absorpsi air akan terganggu sehingga timbul pembengkakan didaerah kaki. Adapun ciri-ciri penyakit nefritis yakni sebagai berikut :

- Lemahnya fisik dan demam
- Mual dan muntah
- Gatal-gatal
- Pembengkakan diujung atas dan bawah wajah serta kaki
- Rasa logam dimulut

Penyakit nefritis sanggup diatasi dengan mencangkok ginjal atau basuh darah secara rutin, perbanyak minum air putih, rutin dalam berolahraga serta memperbanyak dalam mengkonsumsi buah dan juga sayur-sayuran.

3. Albuminaria

Albuminaria sanggup ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein dalam urine dikarenakan glomerulus rusak, sedangkan glomerulus sendiri berfungsi sebagai alat filtrasi (penyaringan) pada ginjal. Adapun ciri-ciri albuminaria yakni sebagai berikut :

- Pembengkakan pada wajah dan pergelangan tangan
- Nyeri pinggang
- Tubuh simpel lelah

Dengan ciri-ciri albuminaria diatas, maka penyakit albuminaria sanggup diatasi dengan melaksanakan terapi steroid untuk mengurangi kadar protein serta memblokir protein didalam urine relatif lebih cepat.

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal sanggup terjadi kalau salah satu ginjal tidak sanggup berfungsi dengan baik. Oleh lantaran itu, kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih kiprahnya oleh ginjal lain. Namun, apabila dibiarkan terus menerus keadaan ini akan menimbulkan resiko yang sangat tinggi lantaran menimbulkan penimbunan urea dalam badan serta kematian. Adapun ciri-ciri gagal ginjal yakni sebagai berikut :

- Warna urine berubah
- Badan jadi simpel capek
- Gatal-gatal
- Selalu mual dan ingin muntah
- Sakit pinggang, kurang konsentrasi dan pusing.

Adapun beberapa cara untuk mengatasi penyakit gagal ginjal ini yakni menjaga tekanan darah semoga selalu berada dalam kisaran normal, olahraga secara teratur, hindari konsumsi masakan yang mengandung purin yang tinggi menyerupai jeroan dan juga selalu berhati-hati bila mengkonsumsi sesuatu yang mengandung asam amino yang tinggi sehingga sanggup mengganggu kerja ginjal.

Demikian pembahasan mengenai #4 jenis penyakit ginjal pada insan dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta sanggup dijadikan sebuah rujukan info yang sanggup membantu pembaca dalam mengetahui apa saja penyakit yang ada pada ginjal manusia, aneka macam penyakit ginjal yang sanggup terjadi pada manusia, apa saja penyebab penyakit pada ginjal, ciri-ciri penyakit pada ginjal serta cara mengatasi penyakit ginjal.


Demikianlah Artikel #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya

Sekianlah artikel #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel #4 Jenis Penyakit Ginjal Pada Insan Dan Ciri-Cirinya dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2019/11/4-jenis-penyakit-ginjal-pada-insan-dan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel