Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli
link : Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli

Baca juga


Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian administrasi sumberdaya manusia berdasarkan para ahli/pakar yaitu pembahasan yang akan di uraikan berikut ini, yang mana bahan pelajaran ini masuk kedalam bahan pelajaran administrasi sumber daya insan ditingkat perkuliahan. Yang akan dibahas dalam bahan ini yaitu latar belakang sumber daya manusia, definisi manajemen, teori msdm, konsep msdm, tujuan umum, tujuan khusus serta prinsip pendekatan administrasi sumber daya manusia. Semoga bahan ini bermanfaat dan sanggup menjadi rujukan kiprah sekolah / kiprah kuliah anda.

Latar Belakang Sumber Daya Manusia

Pegawai atau sumber daya insan (SDM) merupakan satu-satunya asset suatu perusahaan atau instansi pemerintah yang bernafas atau hidup disamping asset-aset lain yang tidak bernafas atau bersifat kebendaan menyerupai :
a. Modal
b. Bangunan gedung
c. Mesin
d. Peralatan kantor
e. Persedian barang.
pakar yaitu pembahasan yang akan di uraikan berikut ini Pengertian Manajemen Sumberdaya Manusia Menurut Para Ahli
Pengertian MSDM
Maka dari itu keberhasilan suatu perusahaan atau instansi pemerintah tidak hanya ditentukkan oleh adanya faktor produksi yang dimiliki, tetapi bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki se-efisien mungkin. Adapun cara pengelolaan tersebut dikenal dengan istilah Manajemen.


Manajemen sumberdaya insan (MSDM) sebetulnya sangat akrab dengan kegiatan hari-hari oleh pegawai. Sebab bagaimanapun juga SDM adalah merupakan satu-satunya asset suatu instansi pemerintah yang sifatnya hidup dan sanggup usang serta bisa diatur selama SDM bisa di koordinir dengan baik.

Adapun keunikan dari asset sumber daya insan (SDM) ini yaitu mensyaratkan pengelolaan yang berbeda dengan asset lain, alasannya yaitu asset ini mempunyai pekiran, perasaan dan perilaku, sehingga bila dengan baik maka akan bisa member kemajuan pada perusahaan atau instansi pemerintah secara efektif.

Pengertian Manajemen

Menurut Panggabean (2004: 13) Manajemen yaitu sebuah proses yang terdiri atas fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian kegiatan sumberdaya insan dan sumber daya yang lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien.

Sedangkan berdasarkan Dessler (2006 : 5), defenisi administrasi sumber daya insan yaitu proses memperoleh, melatih, menilai dan memperlihatkan kompensasi kepada karyawan, memperhatikan hubungan kerja karyawan, kesehatan, keamanan dan duduk kasus keadilan.

Adapun berdasarkan Donelly, Gibon dan Ivancevich (1998 : 804) menjelaskan administrasi sumber daya insan sebagai berikut "Human resources management is the process of accomplishing organizational objective by acquiring retaining, termaining, developing dan properly using the human resources in a organization". Maksudnya yaitu manjemen sumber daya insan merupakan suatu proses untuk memperoleh kebutuhan perusahaan dengan menerima, membatasi, berbagi dan seharusnya memakai sumber daya insan di dalamnya.

Tujuan Umum Manajemen Sumber Daya Manusia

Adapun tujuan umum Manajemen Sumber Daya Manusia yang dikemukakan oleh Cahayani (2005:7) yaitu untuk memastikan bahwa organisasi bisa mencapai keberhasilan melalui orang.

Selain mempunyai tujuan secara umum, MSDM mempunyai tujuan khusus diantaranya yaitu : 

Tujuan Khusus Manajemen Sumber Daya Manusia

a. Memungkinkan organisasi mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja yang cakap, sanggup mendapatkan amanah dan mempunyai motivasi tinggi
b. Meningkatkan dan memperbaiki kapasitas yang dimiliki oleh karyawan
c. Mengembangkan system kerja dengan kinerja tinggi yang mencakup mekanisme perekrutan dan seleksi yang ketat, system kompensasi dan insentif yang diubahsuaikan dengan kerja, pengembangan manajemen, serta acara pembinaan yang terkait dengan kebutuhan bisnis.
d. Menciptakan iklim yang produktif dan serasi melalui asosiasi antara administrasi dan karyawan.
e. Mengembangkan lingkungan yang menciptakan kolaborasi tim an fleksibiliti sanggup berkembang.
f. Memastikan bahwa orang dinilai dan dihargai berdasarkan prestasi karyawan.
g. Mengelola tenaga kerja yang beragam, memperhitungkan tiap individu dan kelompok dalam kebutuhan penempatan, gaya kerja dan aspirasi.
h. Memastikan bahwa terdapat kesamaan kesempatan
i. Mengadopsi pendekatan etis untuk mengelola pegawai yang didasarkan pada perhatian, keadilan dan transparansi.
Baca juga Tujuan Dan Fungsi Manajemen Sumberdaya Manusia
Dari beberapa pengertian yang dikemukakan diatas sanggup disimpulkan bahwa manajemen sumber daya insan adalah duduk kasus tenaga kerja insan yang diatur berdasarkan urutan fungsi-fungsinya, semoga lebih efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan perusahaan dan atau instansi pemerintah, pegawai atau karyawan dan masyarakat.

Prinsip Pendekatan administrasi Sumber Daya Manusia 

Menurut Fathoni (2006 : 9), mengemukakan bahwa ada lima prinsip pendekatan terhadap administrasi sumber daya manusia, yaitu :

1. Sumber daya insan merupakan kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh organisasi, sedangkan administrasi yang paling efektif yaitu kunci dari keberhasilan organisasi tersebut.
2. Keberhasilan sangat mungkin dicapai manakala peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur, serta mekanisme kerja yang berkaitan dengan insan dari perusahaan saling berafiliasi dan memperlihatkan dukungan terhadap pencapaian tujuan perusahaan dan pencapaian strategis
3. Budaya dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan sikap manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memperlihatkan dampak yang besar terhadap hasil pencapaian terbaik.
4. Menejemen sumber daya insan berafiliasi dengan integrasi semua anggota organisasi yang terlibat untuk mencapai tujuan.
5. Empat prinsip tersebut harus tertanam dalam diri setiap anggota ditambah dengan ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hubungan administrasi dengan sumber daya insan merupakan proses perjuangan pencapaian tujuan melalui kerjasama dengan orang lain. Ini berarti memperlihatkan pemanfaatan daya yang bersumber dari orang lain untuk mencapai tujuan.

Adapun berdasarkan pendapat dari Dessler (2000 : 2) mengenai pengertian dari administrasi sumber daya insan yaitu : “human resource management refers to the practices and polices you need to carry out the people or personal aspect of your management job”.

Dari banyak sekali pendapat diatas, maka sanggup diartikan dan disimpulkan bahwa administrasi sumber daya insan harus mengarah pada praktek yang sebetulnya baik di lapangan dan peraturan yang dipakai harus melibatkan orang atau perorangan dalam mengatur pekerjaan. Demikian pembahasan mengenai pengertian Manajemen Sumberdaya Manusia berdasarkan para Ahli.

Daftar Pustaka
* Panggabean. S, Mutiara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia : Bogor.
* Dessler,  Gary. 2006. Manajemen Personalia, (Terjemahan). Erlangga : Jakarta.
* James L. Gibson, James H. Donelly Jr. Jhon M. Ivansevich. 2001. Fundamental of management, Eight, Richard D. Irwin Inc, Burr Ridge, Illinois.
* Cahayani, Ati. 2005. Strategi dan kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Indeks : Jakarta.
* Fathoni H. Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta : Jakarta.
* Dessler, Garry. 2000. Human resources Management, Eight Edition. Prentice Hall Inc: New Jersey.


Demikianlah Artikel Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli

Sekianlah artikel Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Administrasi Sumberdaya Insan Berdasarkan Para Ahli dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/11/pengertian-administrasi-sumberdaya.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel