Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar

Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar
link : Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar

Baca juga


Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar

Jenis dan teknik pengawasan ialah pembahasan yang akan diuraikan pada klarifikasi dibawah ini. Pembahasan ini masuk kedalam aspek bahan pelajaran ekonomi administrasi dan semua pelajaran yang bekerjasama dengan manajemen, pengawasan, POAC dan lain sebagainya didalam suatu organisasi dan atau perusahaan. Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan pada artikel ini yakni :

1. Jenis pengawasan berdasarkan ahli.
2. Teknik pengawasan berdasarkan ahli.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan anda didalam mengetahui apa saja jenis dan teknik pengawasan berdasarkan para jago serta menjadi portal rujukan kiprah ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
 ialah pembahasan yang akan diuraikan pada klarifikasi dibawah ini Jenis Dan Teknik Pengawasan Menurut Ahli / Pakar
Jenis Dan Teknik Pengawasan

Jenis-jenis Pengawasan

Menurut Hasibuan (2005: 248) pengawasan atau pengendalian dikenal atas beberapa jenis yang sanggup dijelaskan dan disebutkan yaitu sebagai berikut :

1. Internal Control
Internal control ialah pengendalian yang dilakukan oleh seorang atasan kepada bawahannya. Cakupan dari pengendalian ini mencakup hal-hal yang cukup luas baik pelaksanaan tugas, mekanisme kerja, kedisiplinan karyawan dan lain-lain.

Audit control ialah investigasi atau evaluasi atas masalah-masalah yang berkaitan dengan pembukuan perusahaan. Jadi, pengawasan atas problem khusus, yaitu ihwal kebenaran pembukuan suatu perusahaan.

2. External Control
External control ialah pengendalian yang dilakukan oleh pihak luar. Pengedalian ekstern ini sanggup dilakukan secara formal atau informal, contohnya investigasi pembukuan oleh kantor akuntan dan evaluasi yang dilakukan oleh masyarakat.

3. Formal Control
Formal control ialah investigasi yang dilakukan oleh instansi atau pejabat resmi yang sanggup dilakukan secara formal atau informal. Contoh nya menyerupai investigasi yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap BUMN dan lain-lain. Dewan Komisaris terhadap PT yang bersangkutan.

4. Infromal Control
Infromal control ialah evaluasi yang dilakukan oleh masyarakat atau konsumen, baik pribadi maupun tidak langsung. Misalnya melalui media massa cerak atau elektronik dan lain-lainya.
Baca juga Pengertian Dan Fungsi Manajemen Pengawasan
Sedangkan Siagian (2003:199) mengamukakan jenis-jenis pengawasan dilingkungan pemerintah terbagi atas sebagai berikut ini :

1. Pengawasan Melekat (Waskat)
Pengawasan menempel dilakukan oleh setiap pejabat pimpinan, disamping sebagai perancana yang cekatan, organisasi yang handal dan sebagai pencetus yang tangguh, dimana setiap manajer harus pula menjadi pengawasa yang efektif.

2. Pengawasan Fungsional
Pengawasan fungsional kalau dilakukan oleh pegawanegeri pengawas yang terdapat dalam satu instansi tertentu tatapi sanggup pula dilakukan oleh pegawanegeri pengawas yang berada diluar instansi meskipun masih dalam lingkungan pemerintah.

Dari beberapa teori konsep mengenai macam-macam pengawasan tersebut menyerupai yang tertera diatas, sanggup disimpulkan bahwa pengawasan terdiri atas :

1. Pengawasan dari dalam organisasi.
2. Pengawasan dari luar organisasi.
3. Pengawasan yang dilakukan oleh instansi atau pejabat resmi.
4. Pengawasan atau evaluasi yang dilakukan oleh masyarakat ataupun konsumen.
Baca juga Tujuan Dan Fungsi Pengawasan

Teknik Pengawasan

Menurut Sarwoto (2001 : 101) teknis pengawasan antara lain sebagai berikut :

1. Pengawasan Langsung
Pengawasan pribadi ialah pengawasan yang dilakukan oleh seorang manajer atau pimpinan pada dikala acara sedang dilaksanakan. Pengawasan sanggup berbentuk menyerupai :

    a. Inspeksi Langsung
Inspeksi pribadi ialah pengawasan yang dilakukan secara pribadi oleh atasan terhadap bawahan pada dikala kegiatan, dilakukan.

    b. Observasi Ditempat
Observasi ditempat ialah pengawasan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahan sebelum acara dilakukan.

    c. Laporan Ditempat
Laporan ditempat ialah laporan yang disampaikan bawahan secara pribadi pada dikala atasan mengadakan inspeksi pribadi acara dilaksnakan.
Baca juga Ciri-Ciri Dan Syarat Pengawasan
2. Pengawasan Tidak Langsung
Pengawasan tidak pribadi ialah pengawasan yang dilakukan dari jarak jauh melalui telepon yang disampaikan oleh bawahan yang berbentuk menyerupai :

    a. Laporan Tertulis
Laporan tertulis ialah laporan yang disampaikan oleh bawahan kepada atasan dalam bentuk laporan acara yang dibukukan, dilaporkan secara berkala.

    b. Laporan lisan
Laporan ekspresi ialah laporan yang disampaikan bawahan secara pribadi kepada atasan mengenai hambatan yang dihadapi pada dikala melakukan kegiatan, baik berupa penyimpangan maupun sasaran-sasaran.

Demikian pembahasan mengenai jenis dan teknik pengawasan berdasarkan ahli/pakar, selamat membaca dan selamat belajar.


Daftar Pustaka

Hasibuan, Malayu S. P. 2005. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Sondang P. Siagian, 2003.Teori dan Praktek Kepemimpinan , PT. RINEKA CIPTA: Jakarta.
Teori Teknik Pengawasan Pada Buku yang diterbitkan Sarwoto pada tahun 2001.


Demikianlah Artikel Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar

Sekianlah artikel Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis Dan Teknik Pengawasan Berdasarkan Hebat / Pakar dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/10/jenis-dan-teknik-pengawasan-berdasarkan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel