Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli

Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli
link : Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli

Baca juga


Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli

Alasan timbul dan pengendalian persedian yaitu pembahasan yang akan diuraikan pada klarifikasi dibawah ini. Pembahasan ini masuk kedalam aspek materi pelajaran ekonomi administrasi operasional. Adapun fokus pembahasan yang akan di jelaskan pada artikel ini yakni :

1. Alasan timbulnya persediaan.
2. Pengendalian persediaan.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan anda didalam mengetahui alasan timbulnya persediaan dan pengendalian persediaan berdasarkan para andal serta menjadi portal tumpuan kiprah ataupun makalah bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
Alasan timbul dan pengendalian persedian Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Menurut Para Ahli
Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian 

Alasan Timbulnya Persediaan

Menurut Schroeder (2000 : 6) ada empat alasan untuk mengadakan persediaan :

1. Untuk berlindung dari ketidakpastian
Dalam sistem persediaan, terdapat ketidakpastian dalam pemasokan, permintaanan batas waktu tenggang pesanan. Stock pengaman dipertahankan dalam persediaan untuk berlindung dari ketidakpastian tersebut.

2. Untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis
Sering lebih hemat untuk memproduksi materi dalam jumlah besar. Dalam kasus ini, sejumlah besar barang sanggup diproduksi dalam periode waktu yang pendek, dan lalu tidak ada produksi selanjutnya yang dilakukan hingga jumlah tersebut hampir habis.

3. Untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam undangan dan penawaran
Ada beberapa tipe situasi dimana perubahan dalam undangan atau penawaran sanggup diantisipasi. Salah satu kasus yaitu dimana harga atau ketersediaan materi baku diperkirakan untuk berubah.
Baca juga TEORI PERSEDIAAN
Sumber lain antisipasi yaitu promosi pasar yang direncanakan dimana sejumlah besar barang jadi sanggup disediakan sebelum dijual. Akhirnya perusahaan - perusahaan dalam perjuangan musiman sering mengantisipasi undangan untuk memperlancar pekerjaan.

4. Menyediakan untuk transit
Persediaan dalam perjalanan (transit inventories) terdiri dari materi yang berada dalam perjalanan dari satu titik ke titik yang lainnya. Persediaan - persediaan ini dipengaruhi oleh keputusan lokasi pabrik dan pilihan alat angkut.

Secara teknis, persediaan yang bergerak antara tahap-tahap produksi, walaupun di dalam satu pabrik, juga sanggup digolongkan sebagai persediaan dalam perjalanan. Kadang-kadang persediaan dalam perjalanan disebut persediaan pipa susukan sebab ini berada dalam pipa susukan distribusi.


Pengendalian Persediaan

Menurut pendapat Assauri (2004:176) pengendalian persediaan yaitu salah satu kegiatan dari urutan kegiatan - kegiatan yang berurutan dekat satu sama lain dalam seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu, jumlah, kuantitas, maupun biayanya.

Menurut Rangkuti (2004:25) pengawasan persediaan yaitu salah satu fungsi administrasi yang sanggup dipecahkan dengan menerapkan metode kuantitatif”.

Sedangkan berdasarkan Handoko (2000:333) pengendalian yaitu fungsi manajerial yang sangat penting sebab persediaan fisik banyak perusahaan melibatkan investasi rupiah terbesar dalam persediaan aktiva lancar”.
Baca juga Teori Manajemen Produksi Dan Operasional
Dari beberapa pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa pengendalian persediaan yaitu suatu kegiatan untuk menetapkan besarnya persediaan dengan memperhatikan keseimbangan antara besarnya persediaan yang disimpan dengan biaya - biaya yang ditimbulkannya. Demikian pembahasan mengenai alasan timbul dan pengendalian persedian berdasarkan para ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

Roger, Schroeder. 2000. Pengembilan Keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Ketiga. Erlangga: Jakarta.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI: Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Handoko, T. Hani. 2000. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.


Demikianlah Artikel Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli

Sekianlah artikel Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Alasan Timbul Dan Pengendalian Persedian Berdasarkan Para Ahli dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/10/alasan-timbul-dan-pengendalian.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel