Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Geografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer
link : Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Baca juga


Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Atmosfer adalah pokok pembahasan utama yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini. Adapun sub pembahasan wacana atmosfer yang akan di bahas didalam materi pelajaran Geografi yakni sebagai berikut :

1. Pengertian Atmosfer.
2. Sifat Fisik Atmosfer.
3. Manfaat Atmosfer.

Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui apa itu atmosfer, apa saja sifat fisik atmosfer dan apa manfaat dari atmosfer serta menjadi portal tumpuan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
yang akan dijelaskan secara lengkap dan detail pada artikel dibawah ini Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Pengertian atmosfer

Bumi yang sedang kita tempati ini tidak hanya terdiri atas lapisan-lapisan yang membentuk permukaan bumi, akan tetapi juga dikelilingi dan diselubungi oleh lapisan-lapisan gas. Lapisan-lapisan gas tersebutlah yang dinamakan dengan Atmosfer. Sehingga definisi atmosfer adalah adonan dari aneka macam gas yang berlapis-lapis dan tidak berwarna.

Fungsi atmosfer bukan hanya penting sebagai penyedia oksigen yang berkhasiat untuk pernafasan makhluk hidup, melainkan juga sangat penting untuk sarana transportasi udara, komunikasi, menghipnotis keadaan cuaca dan iklim, serta menjadi pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa.

Sifat-sifat fisik atmosfer

Unsur gas utama pembentuk atmosfer terdiri atas oksigen dan nitrogen. Secara umum, terdapat tiga jenis gas yang membentuk atmosfer. Adapun #3 jenis gas yang membentuk atmosfer yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

1. Udara kering
Udara kering adalah gas tanpa air dan aerosol yang meliputi 96% dari volume atmosfer. Adapun didalam udara kering ini lalu dibagi lagi menjadi dua macam jenis yaitu gas utama dan gas penyerta.

2. Uap air yang kandungannya dalam atmosfer berbeda disetiap wilayah di muka bumi.
3. Aerosol
Aerosol adalah partikel halus dari materi padat di bumi yang mempunyai massa ringan, sehingga sanggup tertiup naik ke lapisan atmosfer. Bahan-bahan aerosol tersebut yaitu antara lain yakni menyerupai :

a. Debu
b. Garam
c. Abu
d. Asap dan
e. Mikroorganisme

Manfaat atmosfer

Berikut ini yaitu beberapa manfaat dari atmosfer yakni sebagai berikut :

1. Menjaga temperatur bumi.
2. Menyaring sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet yang sanggup berbahaya bagi makhluk di muka bumi.
3. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi sebab tarikan gaya gravitasi.
4. Sebagai sumber gas dan uap air pembuat hujan.
5. Sebagai pemantul gelombang radio yang dipakai dalam proses telekomunikasi.
6. Penyedia oksigen di alam yang berfungsi sebagai sumber gas untuk pernafasan makhluk hidup.

Lapisan atmosfer mengandung banyak gas yang mana, kandungan gas tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan. Adapun gas yang dimaksud yaitu menyerupai :

1. Nitrogen (N2) dimana jumlahnya paling banyak yaitu hampir empat per lima belahan atmosfer.
2. Oksigen (O2).
3. Karbon Dioksida (CO2).

Menurut perubahan suhu dan ketinggiannya, atmosfer lalu dikelompokan menjadi empat lapisan utama. Adapun #4 lapisan utama pada atmosfer adalah yakni sebagai berikut :

1. Troposfer
Lapisan troposfer yaitu lapisan terbawah dari atmosfer.

2. Stratosfer
Lapisan stratosfer yaitu lapisan yang terletak diatas troposfer. Stratosfer dikenal sebagai lapisan yang mengandung Ozon (O3) yang berperan sangat penting dalam melindungi makhluk hidup dari radiasi gelombang pendek matahari (ultraviolet) yang berbahaya.

Ozon (O3) adalah gas yang sangat aktif dan merupakan bentuk lain dari oksigen. Gas ozon ini terdapat pada ketinggian antara 20 km hingga 30 km. Ozon sanggup menyerap radiasi ultraviolet yang mempunyai energi besar dan berbahaya bagi badan manusia.

3. Mesosfer
Lapisan mesosfer yaitu lapisan yang terletak diatas stratopause hingga ketinggian 80 km. Pada belahan puncaknya, suhu bisa mencapai -900 derajat Celcius dan kebanyakan meteor terbakar pada lapisan ini.

4. Termosfer (Ionosfer)
Lapisan termosfer atau disebut juga ionosfer yaitu lapisan dengan konsentrasi elektron bebas. Ionosfer dikenal sebagai lapisan yang bisa memantulkan gelombang radio sehingga penting bagi komunikasi radio jarak jauh.


Demikianlah Artikel Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer

Sekianlah artikel Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Atmosfer, Sifat Fisik Atmosfer Dan Manfaat Atmosfer dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/09/pengertian-atmosfer-sifat-fisik.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel