#15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

#15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat - Hallo sahabat Rahasia Rumus Pendidikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewarganegaraan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
link : #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Baca juga


#15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

#15 fungsi pancasila sebagai sistem filsafat ialah pokok pembahasan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Pkn) yang akan diuraikan pada artikel berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai fungsi pancasila dalam sistem filsafat yang akan dijelaskan yakni :
1. Pengertian filsafat.
2. Pengertian sistem.
3. Cabang ilmu filsafat.
4. Dasar epistemologi pancasila.
5. Dasar aksiologi pancasila.

Pengertian filsafat

Filsafat berasal dari kata philo yang berarti cinta, philos berarti pecinta dan phylein berarti mencintai. Kemudian sophos atau sophia berarti kebijaksanaan, kearifan dan hikmah. Sehingga definisi filsafat ialah cinta kebijaksanaan, cinta kearifan.

Pengertian sistem

Sistem ialah suatu kesatuan yang utuh dan terdiri dari bagian-bagian, yang mana bagian-bagian tersebut memiliki fungsi tersendiri dan saling ketergantungan antara bab satu dengan bab lainnya yang mengarah pada satu tujuan tertentu (tujuan yang sama) serta terjadi pada lingkungan yang sifatnya kompleks.
 fungsi pancasila sebagai sistem filsafat #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Dan jikalau salah satu bagian-bagian dari sistem tersebut cacat (tidak berfungsi dengan baik) maka akan menawarkan imbas terhadap bagian-bagian lainnya yang ada didalam bulat bab dalam suatu sistem tersebut.

Cabang ilmu filsafat

Berikut ini ialah #6 cabang dari ilmu filsafat yang sanggup dijelaskan sebagai berikut :
1. Aksiologis
Aksiologis membahas dan menjelaskan wacana duduk perkara nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku didalam kehidupan manusia (mengarah pada Nilai dan Norma kehidupan manusia).

2. Epistemologi
Epistemologi membahas dan menjelaskan tentang berbagai macam hal mengenai pengetahuan-pengetahuan menyerupai contohnya batas, sumber serta kebenaran terhadap suatu pengetahuan (mengarah pada Pengetahuan).

3. Estetika
Estetika membahas dan menjelaskan tentang keindahan serta implikasinya didalam kehidupan (mengarah pada Keindahan).

4. Etika
Etika atau disebut juga dengan kata filsafat moral membahas dan menjelaskan mengenai bagaimana seharusnya insan bertindak serta mempertanyakan juga bagaimana kebenaran atas dasar tindakan tersebut sanggup diketahui. (mengarah pada Tingkah Laku).

5. Logika
Logika membahas dan menjelaskan mengenai jalan pemikiran insan yang sanggup diterima dengan nalar sehat (mengarah pada Jalan Pemikiran).
6. Metafisika (yang terdiri dari Antropologi, Kosmologi dan Ontologi).

Dasar epistemologi pancasila

Berikut ini ialah #3 dasar dari epistemologi pancasila yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Terdapat bukti pengalaman.
2. Berdasarkan dari perolehan hasil pengetahuan yang mendalam.
3. Sasaran (objek) pengetahuan yang selalu dijadikan sebagai materi kajian.

Dasar aksiologi pancasila

Berikut ini ialah #7 dasar dari aksiologi pancasila yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Nilai kebenaran.
2. Nilai kebaikan.
3. Nilai keindahan.
4. Nilai kesucian.
5. Nilai kerohanian (spiritual).
6. Nilai material.
7. Nilai vital.

Demikian pembahasan mengenai #15 fungsi pancasila sebagai sistem filsafat.


Demikianlah Artikel #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Sekianlah artikel #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel #15 Fungsi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat dengan alamat link https://rahasiarumuspendidikan.blogspot.com/2017/07/15-fungsi-pancasila-sebagai-sistem.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel